Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Lihat Layar kaca HP Terlalu Lama, Berikut Bahaya Peggunaan smartphone Pada Anak

Bahaya HP-Di zaman milenial ini, banyak sekali alat elektronik yang cangggih yang sudah bertebaran di masyarakat. Bisa kita lihat di sudut-sudut tempat, sering kita jumpai anak-anak muda bermain dengan smartphone, tablet, maupun laptop yang mereka punya.

Dengan kehadiran alat-alat canggih tersebut, sistem sosial yang muncul dari zaman dulu dengan metode berkumpul dan saling interaksi  antarmuka, sekarang diganti dengan interaksi dengan antar dunia maya. Meskipun sebagian kecil, namun lambat laun akan berdampak juga pada generasi selanjutnya.

Salah satunya yang berkembang pada saat ini adalah smartphone. Smartphone terkenal karena besarnya orang yang menggunakan alat ini. banyak yang mengguanakan alat ini hanya untuk bermain game, mencari pundi-pundi kekayaan dan bersosial media.

Hal itu sangat tidak disarankan bagi anak –anak yang masih tahap berkembang dan belajar zaman sekarang. Banyak anak sekarang sebelum tidur memainkan smarthone yang mereka pakai, dan hal tersebut tidak bisa terhindarkan. Sampai-sampai tidurpun masih melihat layar smartphone yang ia pegang.

Tahukah kalian hal itu sangat berbahaya bagi anak?. Bukan hanya jam tidur yang berkuranng, tapi efektifitas mata juga terganggu karena sinar biru yang dipancarkan smartphone yang ia pakai memantulkan sinar langsung kemata. Apalagi jika dilihat pada saat lampu redup, hal itu akan menambah efek negatif bagi mata.

Ada resiko lain yang siap mengintai anak jika hal tersebut terus-terusan di lakukan. Untuk itu saya akan memberikan informasi tentang resiko penggunaan smartphone bagi mata dan kesehatan. Berikut informasinya.

Baca juga >> Beberapa Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kangker dan Diabetes

Bahaya Penggunaan Layar Smartphone Terlalu lama Bagi Anak


Gangguana saraf

Meningkatnya neurotoxsin disebabkan karena kurangnya jam tidur, hal ini akan berdampak pada saraf-saraf tubuh yang akan terganggu jika kegiatan ini dilakukan secara berkala. Saraf yang terkena dampak hal tersebut merupakan saraf utama pada manusia yang meliputi saraf sensorik yaitu saraf yang dapat merasakan sensasi tubuh seperti di cubit atau rasa pada lidah, saraf motorik kontrol atas gerakan tubuh dan saraf otonom, kontrol atas aktivitas yang terjadi tanpa kita sadari, seperti tekanan jantung suhu tubuh dan lain-lain.

Kerusakan mata

Terlalu lama melihat layar kaca HP akan memberikan dampak buruk pada mata. Sinar biru yang dipancarkan oleh smartphone akan membuat retina pada mata menjadi tegang. Bahkan di sejumlah penelitian dokter mata menyatakan hal tersebut bisa berdampak pada mata yang katarak jika terlau lama di lakukan.

Gangguan susah tidur

Konten-konten yang ada pada smartphone sangatlah menarik untuk di lihat, baik gambar, video, maupun chat semua menjadi daya tarik agar mata terus terjaga untuk melihat konten-konten tersebut. Tanpa kita sadari hal tersebu berdampak pada kurangnya kedipan kelopak mata, selanjutnya otak akan berhenti memproduksi melatonin. Melatonin adalah zat yang merangsang kita untuk istirahat. Bisa kita simpulkan, jika produksi melatonin terganggu maka pola makan dan  jam istirahat akan terganggu, yang akhirnya akan mebuat orang susah tidur.

Jam makan terbengkalai dan berujung obesitas

Kurangnya waktu tidur bagi  seseorang yang bermain dengan smartphonenya terlalu lama, juga berdampak pada pola makan. Hal tersebut akan memicu rasa lapar seseorang, karena hormon yang terkandung akan mendorong kita untuk makan. Jika hal tersebut terus dilakukan lama kelamaan tubuh akan menerima kandungan diluar batas kapasitasnya dan membuat obesitas.

Gangguan sosial

Jika seseorang terlalu larut dengan telpon genggamnya, yang terjadi adalah dia terlalu fokus pada smartphonya. Biasanya orang tersebut tidak mengindahkan apa yang ada di sekelilingnya dan seolah acuh akan keadaan sekitar. Hal itu dapat mempengarui tak hanya dirinya orang disekitarnyapun juga dapat terkena dampaknya juga. Selain sosialsisasi yang hilang interaksi yang tidak jalan akan membuat anak itu sering ingin sendirian.

Dari penelitian american academy of pediatric, mengatakan bahwa bahaya HP pada usia anak kurang dari dua tahun hanya akan menimbulkan efek negatif pada mata, seperti kurangnya interaksi, keterlambatan bicara dan bahaya buat mata.
Baca juga >> Manfaat Buah Rambutan Serta Bahaya Memakan Buah Rambutan Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil
Oleh sebab itu penting sangat bagi semua orang untuk terus mengawasi bukan hanya anak saja, tapi semua aorang agar tidak terlalu tergiur dengan dunia maya dan mengindahkan kesehatan dan lingkungan temapat ia tinggal.

Bahaya yang muncul dari penggunaan smartphone dapat kita cegah dengan cara pola hidup sehat seperti olah raga dan makan-makanan buah yang baik untuk kesehatan. Jika kita kesulitan mendapatkanya kita bisa memanfaatkan yang ada disekitar kita dulu seperti buah pisang, buah pisang bermanfaat bagi kesehatan mata karena mengandung vitamin A di dalamnya.

Adapula buah lain yang bermanfaat untuk kita jika kita sering menkonsumsinya dan tidak over memakanya. hal tersebut dapat mempengarui kesehatan. selain sehat pola hidup tersebut akan berdampak pada tubuh dimasa depan.

Posting Komentar untuk "Sering Lihat Layar kaca HP Terlalu Lama, Berikut Bahaya Peggunaan smartphone Pada Anak"