Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Samping Daun Ceramai dan Manfaat Buah Cermai Untuk Kecantikan

Cermai - Buah merupakan hidangan yang sangat bermanfaat bagi semua orang, seperti buah yang kita bahas kali ini. Buah yang kita bahas kali ini adalah buah cermai buah kecil warna kuning yang banyak ditemukan dipedesaan.  Buah ini tumbuh sekitar 5 sampai 9 meter dalam udara lembab maupun panas.

Cermai termasuk dalam kingdom plantase dari kelas magnoliopsida, buah ini memiliki nama bional phyllanthus scidus. Dalam bahasa inggris buah ini mempunyai nama otaheita gooseberry, malay gooseberry.

Buah cermai kalau kita makan pada waktu buahnya belum masak akan ada rasa asam yang timbul pada lidah kita, meskipun sudah masak buah ini juga masih ada rasa masamnya . Gula dan garam sering di makan dengan  buah ini, karena  buah cermai juga sering dijadikan permen, disetup atau dibuat minuman.

Daun pada buah cermai sangat berkhasiat untuk menguruskan badan, mual, sariawan dan kangker. Tak hanya daun biji yang ada juga dapat bermanfaat Biasanya biji buah cermai di gunakan untuk sembelit dan mual. Selain buah, daun dan biji akar cermai juga dapat digunakan untuk mengobati  kulit dan meringankan asma.
Baca juga >> Bahaya dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
Banyak sekali manfaat yang kita temukan pada buah ini, bagi kesehatan tubuh bagian dalam sampai luar semua itu ada pada buah cermai. Kita dapat memanfaatkanya dengan semaksimal mungkin untuk keperluan kesehatan kita  dan tidak hanya itu manfaat buah cermai untuk itu kami akan jelaskan lebih spesifik efek samping daun ceramai dan manfaat buah cermai untuk kecantikan yang terkandung pada buah cermai.

Manfaat cermai Untuk kesehatan

Manfaat cermai Untuk kesehatan Tubuh


Menolak kangker

Sifat antioksidan yang terkandung dalam buah cermai dapat membantu tubuh melawan efek berbahaya dari bahan kimia yang bersifat karsiogenetik. Bahan ini juga dapat menghambat perumbuhan sel kangker dan mengurangi efek berbahaya dari radiasi kemoterapi tanpa mengurangi efek yang ada didalamnya.

Penawar sakit perut (Sembelit)

Buah cermai dapat melindungi kita  dari tingkat keasaman pada lambung. Hal ini dilalukan dengan cara menkonsumsi 1 sendok teh jus pada saat perut kita kosong. Alasanya karena cermai kaya akan serat, air dan polifenol yang membuat cermai memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat digunakan sebagi penawar sakit perut atau sembelit.

Menjaga kadar kolesterol darah

Buah cermai dapat mempertahankan kadar kolesterol darah dengan cara menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat) pada tubuh. Cermai juga dapat mencegah penumpukan plak diarteri karena memiliki oksidan yang kuat, hal ini juga dapat menjaga jantung agar tetap sehat.

Penunda penuaan

Vitamin A yang terkandung dalam buah cermai yang penting dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan senyawa yang dibutuhkan kulit untuk menambah elastisitas kulit sehingga kulit akan menjadi cantik dan juga menjaga kulit agar tetap kencang. Jika buah ini di konsumsi pada saat perut kosong, nutrisi yang terkandung pada buah ini dapat memperlampat degradasi kolagen, yang dapat memperpanjang proses penuanan.

Diabetes

Kangdungan polifenol yang terdapat pada buah cermai dapat melindungi tubuh dari oksidatif darah yang tinggi. Polifenol juga dapat mencegah resistensi urine yang ada pada alat vital manusia. Resistensi urine adalah gangguan pada kandung kemih yang membuat kesulitan untuk mengeluarkan urine. Selain resistensi urine, buah cermai juga dapat membantu menyerap insulin yang bisa memicu penurunan gula darah pada pada orang yang memiliki penyakit diabetes tinggi maupun rendah.

Melindungi hati

Makana yang mengandung bahan kimia atau alkohal dapat merusak hati orang yang meminumnya, karena kadungan bahan negatif yang ada pada makanan dan alkohol tersebut, buah cermai dapat melindungi hati dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh hal tersebut.
Efek Samping Daun Cermai

Efek Samping Daun Cermai Bagi Organ Dalam Manusia


Resiko anemia

Tinginya kandungan betahein dan asam askorbat didalam buah cermai dapat memicu penurunan produktifitas sel-sel darah pada tubuh. Hal ini berujung pada tidak stabilnya kadar jumlah darah, sehingga tubuh dapat beresiko terkena anemia.

Resiko radang sendi dan osteoporosis

Daun cermai mengandung senyawa-senyawa yang bersifat asam hal itu bermanfaat bagi sistem imun kita, namun berbahaya bagi struktur persendian tulang.  Selain itu sebuah riset yang dilpublikasikan di international journal of foot sciences and nutrition daun buah cermai memiliki kandungan betain dan asam pantotenat yang cukup tinggi, jika dikonsumsi berlebihan dapat merusak sel-sel jaringan tulang yang menyebabkan tulang akan mudah mengeropos.

Menghambat sitem sirkulasi darah

Daun cermai mengandung asam askorbat dan asam pantotenat yang jumlah kadarnya sangat tinggi. Hal itu dapat berefek pada penurunan produktifitas sel-sel darah merah dan inkonsitetenitas pada sitem sirkulasi darah.

Dapat memicu serangan stroke dan serangan jantung

Dari uji riset the michigan journal of medicine tahun 2012, telah dinyatakan bahwa khasiat dari daun cermai sangatlah banyak dan bagus bagi jantung manusia. Namun jika daun ini dikonsumsi dengan jumlah yang besar dan tanpa disertai asumsi yang baik dari pihak medis, hal tersebut akan berdampak pada sebaliknya yaitu dapat menimbulkan kerusakan organ-organ dalam pada tubuh. Bahkan efek samping yang dihasilkan sapat berpengaruh dan dapat memicu serangan jantung dan penyakit liver.

Resiko timbulnya asam urat

Senyawa asam yang tinggi pada buah ini dapat memicu resiko terkena asam urat, namun buah ini juga memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi dan antioksisidan yang cukup bagus dan baik untuk tubuh
Baca juga >> Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dan Bahaya Jeruk Bagi Tubuh

Memicu penyakit maag

Menurut prof. Dr. Cristiani Jeyakumar ph.d, MD dari Biochemistry NUS Medicine. Jika daun buah cermai dikonsumsi secara berlebihan  dapat menyebabkan maag dan asam lambung. Menurut beliau  daun cermai memiliki kandungan  asam askorbat yang kadar jumlahnya sangat tinggi. Jika mengkonsumsi daun ini secara berlebihan hal tersebut akan merusak dinding lambung.

Itulah beberapa efek samping  menkonsumsi daun cermai secara berlebihan. Beberapa orang memang sering mengunakan daun ini untuk meramu obat bagi anak-anak yang sakit demam atau penyakit lainya. Namun perlu disadari tanpa adanya penelitaian atau sumber yang baik sangat tidak dianjurkan dilakukan. Karena perbuatan yang didasari tanpa dasar tidak akan tahu bagaimana jadinya.

Mungkin hanya itu efek samping daun ceramai dan manfaat buah cermai untuk kecantikan yang bisa kita pelajari kali ini semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terima kasih sudah mampir dan semoga kita diberikan yang terbaik dari segala urusan kebaikan, salam sehat.

Posting Komentar untuk "Efek Samping Daun Ceramai dan Manfaat Buah Cermai Untuk Kecantikan "