Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kangker dan Diabetes

Belimbing - Belimbing adalah tumbuhan buah yang khas yang berasal dari Indonesia,India dan Srilangka, bentuk yang menjadi ciri khas ini adalah segi lima.  Saat ini belimbing telah tersebar dibeberapa benua, khususnya di Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru da lain sebagainya.

Blimbing masuk kedalam kingdom plantase dari ordo oxalidales dan spesies A.carambola. buah ini memiliki nama binominal yaitu averrhoa carambola. Pohon belimbing memiliki daun majmuk yang panjangya dpat mencapai 50cm. Dan menakjubkanya pohon ini tidak memerlukan banyak sinar matahari agar tetap tumbuh.

Buah blimbing memiliki banyaj air (sari), sehingga memungkikan untuk dibuat wine buah, dan di Myanmar belimbing digunakan untuk membuat teh sumber dari wikipedia. Asam oxalat yang terkandung dalam buah ini,  jika dibuat jus belimbing sangat berbahaya. Karena konsentrsasi asamnya yang sangat tinggi orang yang memiliki penyakit kolesterol tinggi dan penderita diabetes tidak dianjurkan memakan buh ini karena kadar gulanya yang sangat tinggi.

Ada beberapa manfaat dan bahaya yang ditimulkan jika orang memakan buah ini sembarangan, termasuk yang sudah dijelaskan. Adapaun selebihnya kami jelaska dibawah ini.

Manfaat belumbing bagi kesehatan tubuh

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh


Mencegah kanker

Para peneliti telah menemukan bukti bahwa belimbing adalah buah dengan khasiat antikanker yang hebat. Kandungan mineral buah belimbing sangat penting dengan jumlah 14%, seperti yang diinformasikan oleh Recommended Dietary Allowance (RDA). 

Zat polifenol yang terkandung dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan menyingkirkannya dari tubuh. Dengan demikian tubuh terhindar dari risiko kanker hati. Kandungan sejumlah besar serat pada buah blimbing mampu membantu membersihkan usus besar, sehingga menurunkan resiko kanker usus besar.

Buah belimbing mempunyai Serat pada daging buah yang dapat merangsang gerak peristaltik tubuh manusia. Memakan buah belimbing dapat mencegah terkena asam lambung pada perut. Adapun fungsi lainya untuk melancarkan pencernaan seperti mencegah sembelit.

Menjaga Stabilitas Tekanan Darah

Belimbing mengandung kalium dan natrium yang cukup tinggi, yang dapat membantu dalam menjaga tekanan darah. Tekanan darah yang normal sangat penting untuk menjaga jantung agar berfungsi dengan baik dan stabil. Buah ini hanya mengandung 31 kalori, yang tidak akan membahayakan asupan kalori pada tubuh. Belimbing juga memiliki serat yang dapat membuat perut kenyang lebih lama. Buah ini akan membantu mempercepat metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan makin optimal.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kadar vitamin C yang tinggi di dalam buah belimbing menjadikan buah ini baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Penyakit yang disebabkan karena virus atau bakteri seperti batuk, demam, dan sakit tenggorokan bibir pecah-pecah bisa dicegah dengan mengonsumsi belimbing ini. Konsumsi buah ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang ada pada tubuh.

Melancarkan Pencernaan dan Program Diet

Serat sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan manusia agar tetap sehat. Belimbing juga mengandung zat antioksidan yang bermanfaat menangkal zat berbahaya dalam tubuh manusia. Konsumsi buah blimbing akan merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan. Hal demikian dapat mengurangi sembelit, diare dan kembung pada perut. Belimbing juga memiliki sifat anti-peradangan yang dapat mengobati bisul perut yang timbul.

Menkonsumsi belimbing dapat meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral penting lainnya. Buah blimbing cocok untuk menjadi salah satu daftar asupan untuk membantu  menurunkan berat badan. Kandungan pada satu buah belimbing berukuran sedang adalah 9 gram karbohidrat dan 3 gram serat yang dihasilkan oleh makanan. Jika kita memakan satu buah belimbing, ini sama saja dengan memenuhi 3 % kebutuhan karbohidrat sehari-hari.

Menyembuhkan Masalah Kulit

Buah Belimbing memiliki sifat antimikroba dan sifat antiinflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim. Adapun eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering dan bakteri pada kulit manusia. Semua ini bisa dicegah dengan memakan belimbing.

Di negara-negara seperti Thailand atau Myanmar, buah belimbing digunakan sebagai obat mabuk dan lotion untuk mencegah bahaya panas sinar matahari.

Menjaga Stabilitas Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Memakan makanan tinggi indeks glikemik (GI) seperti nasi putih dan roti, akan mudah menyebabkan gula darah dan kadar  insulin melonjak tinggi bagi penderita diabetes. Dengan memakan buah ini, kandungan insulin dan gula darah akan lebih lambat diserap ke dalam aliran darah.

Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk memakan buah ini, karena belimbing termasuk salah satu buah yang baik untuk penderita diabetes. serat yang ada di dalam belimbing akan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah setelah makanan masuk ke dalam tubuh manusia. Buah ini akan membantu dalam mengontrol kadar insulin dalam tubuh manusia. Dengan demikaian, belimbing cocok dikonsumsi penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko terkena penyakit itu.
Baca juga >> Sering Lihat Layar kaca HP Terlalu Lama, Berikut Bahaya Peggunaan smartphone Pada Anak

Menjaga Kulit Dan Rambut Tetap Sehat

Belimbing memiliki banyak antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin yang membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang ada pada tubuh. mengkonsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan kulit. Batang rambut pun jadi lebih lembap, sehat, dan memiliki akar yang kuat bagi kepala.

Itulah beragam khasiat dan manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh manusia. Konsumsi buah ini secara teratur, terutama yang sudah matang. Sebab nutrisi dalam buah belimbing matang sangat melimpah.

Bahaya buah  belumbing bagi kesehatan tubuh

Bahaya Belimbing Bagi Tubuh Manusia


Bahaya Belimbing Bagi Penderita Ginjal

Penderita penyakit ginjal tidak dianjurkan untuk memakan buah ini, karena kandungan asam oxalat yang tinggi ditengarai dapat menyebabkan keracunan. Gejala awal dari penyakit ini bermula  dari cegukan, muntah, gangguan kesadaran, penurunan kekuatan otot, mati rasa anggota badan, insomnia, kejang hingga menyebabkan kematian. Orang yang sakit ginjal, asam oksalat akan terakumulasi alias tidak terbuang bersama air kencing. Sehingga konsentrasinya makin tinggi hingga menyebabkan keracunan.

Namun pada penelitian lain membantahnya, karena mengonsumsi pangan kaya asam oxalat seperti bayam, tidak menujukkan gejala yang sama. Sehingga disimpulkan keracunan tersebut disebabkan oleh zat yang belum diketahui.
Baca juga >> Efek Samping Daun Ceramai dan Manfaat Buah Cermai Untuk Kecantikan

Bahaya Belimbing Bagi Penderita Diabetes

Kadar gula yang tinggi yang ada pada buah belimbing sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah belimbing mengandung asam oxalat, jika dibuat jus belimbing sangat berbahaya karena konsentrsasi asamnya yang sangat tinggi orang yang memiliki penyakit kolesterol tinggi dan penderita diabetes tidak dianjurkan memakan buh ini karena kadar gulanya yang sangat tinggi.

Posting Komentar untuk "Beberapa Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kangker dan Diabetes"