Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang - Buah pisang merupakan buah yang banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis, panas dan lembab. Buah ini sering kita jumpai tumbuh didaratan tinggi maupun rendah. Di desa banyak sekali orang yang menanam pohon ini, baik di kebun, persawahan dan perbukitan. Karena memang pohon ini gampang sekali hidup di tempat-temapat tersebut, para petani yang ada dipersawahan sering menanam pohon ini di samping pertanian mereka, baik untuk dikeperluan pribadi maupun sebagai sarana alternatif lain.

Di indonesia, sering kita temui macam-macam pohon pisang, yang tiap daerah memiliki nama-nama unik serta bentuk pisang yang beraneka ragam, ada pisang yang ukuranya kecil, sedang dan juga besar. Ada juga buah pisang yang ada bijinya besar dan juga ada yang tidak mempunyai biji, tergantung pisang apa yang kita tanam di sekitar kita.

bahaya dan manfaat buah pisang bagi kesehatan

Buah pisang juga mempunyai protein, vitamin yang terkandung didalamnya, dan juga berkhasiat bagi tubuh jika kita mengkonsumsinya secara teratur setiap hari. Biasanya orang mengkonsumsi buah ini pada waku pagi hari dan siang hari. Karena memang pada saat-saat itu merupakan saat yang baik untuk memakan buah, terutama sebelum makan. Selain itu buah pisang juga akan mineral, seperti kaliaum, magnesium, fosfor, besi dan kalsium dan hampir seluruhnya hal tersebut dapat diserap oleh tubuh kita, kadar vitamin yang tinggi terutama provitamin A dapat membantu tubuh agar tetap bugar seiap hari, vitamin B6 juga yang berperan dalam menguatkan metabolisme tubuh, dan mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas setiap hari.

Tak hanya buahnya, pohon pisang, jantung pisang dan daunnya juga bermanfaat bagi kita, seperti daun pohon pisang, daun pisang dapat kita manfaatkan sebagai bungkus makanan, makanan kambing, payung saat hujan, tlasar ataupun yang lainya. Orang-orang desa banyak  memanfaatkan daun ini karena karena mudah dan multiguna. Selain daun pohom pisang, jantung pohon ini juga dapat kita manfaatkan baik untuk pakan ternak, campuran pelet ikan dan masih banyak lagi manfaat-manfaatnya yang masih tersembunyi.

Baca juga >> Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dan Bahaya Jeruk Bagi Tubuh

Bahaya dan Manfaat Buah Pisang Untuk  Kesehatan Bagi Tubuh Manusia


1. Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

  • Mengurangi Flek Hitam Di Wajah
Flek hitam atau bekas jerawat dapat terjadi karena meningkatnya produksi melanin terutama setelah terkena banyak sinar matahari. Melanin merupakan pigmen yang dapat menentukan warna pada kulit. Hal ini sering terjadi bagi orang yang suka melakukan kegiatan pada saat siang hari. Untuk mengatasinya kita dapat memanfaatkan buah pisang agar flek hitam diwajah berkurang dan menjaga agar wajah tetap sensitif. Karena buah pisang merupakan buah yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Mengatasi Jerawat
Selain untuk mengurangi flek hitam diwajah, buah pisang juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di wajah. Jerawat pada wajah dapat terjadi disebabkan karena adanya bakteri, debu dan kotoran yang masuk ke dalam pori-pori wajah sehinga menyebabkan pori-pori tidak dapat berfungsi untuk menyerap dan melindungi wajah karena tersumbat oleh debu atau kotoran tersebut. Inilah yang menyebabkan terjadinya jerawat pada wajah.

Buah pisang yang mengandung banyak vitamin didalamnya dapat mengurangi dampak tersumbatnya pori-pori yang ada pada wajah, sehingga pori-pori yang tersumbat akan mengurai dan sedikit-demi sedikit akan hilang.

  • Menghaluskan Kulit Wajah
Tak hanya dapat mengurai flek hitam dan jerawat buah pisang juga juga dapat menghaluskan kulit wajah, karena buah ini dapat digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Buah pisang sangat efektif dalam membuat kulit menjadi indah. Orang-orang sering menggunakanya untuk membuat obat herbal serta masker herbal. Kita dapat memanfaatkan buah ini karena banyak manfaatnya contoh dari manfaat menggunakan masker buah pisang yang alami diantaranya adalah dapat meremajakan kulit, kulit menjadi lebih cerah, halus dan berseri-seri serta mengurangi flek hitam dan jerawat pada wajah.

  • Menambah Energi dan Gairah Tubuh
Zat besi yang terkandung dalam buah pisang sangat efektif untuk mengatasi masalah kekurangan energi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Hal tersebut dapat  kita gunakan untuk menambahkan asupan energi yang belum terisi atau sudah diserap oleh tubuh karena kegiatan dilakukan oleh tubuh kita.

Selain efektif untuk mengatasi kekurangan energi buah ini juga dapat meningkatkan gairah dengan cara merangsang hormon bromelanin, hormon yang ada pada tubuh manusia. Buah pisang, memiliki enzim yang dapat merangsang hormon yang memicu gairah menjadi lebih tinggi. Buah pisang ini pun dipercaya bagus untuk meningkatkan stamina pria pada saat melakukan hubungan intim. Stamina yang tubuh pria saat melakukan hubungan intim memang dibutuhkan untuk memberikan kepuasan pada pasangannya, itupun berlaku kepada pasangangan bukan hanya pria.

  • Menambah Elektrolik   
Elektrolik yang terkandung dalam buah pisang dipercaya dapat mengatasi diare. Orang yang mengalami masalah diare biasanya kehabisan elektrik pada perut. karena buah pisang mengandung elektrik yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut dapat mengatsi diare dan  memberikan eklektrolik tambahan

  • Sebagai Obat Antasida
Bagi orang yang ingin mengatasi mengatasi penyakit lambung yang ada pada perut manusia.  Penyebab asam lambung sangat beragam sehingga cara mengatasi nya pun beragam sesuai dengan penyebab asam lambung tersebut. Buah pisang sangat dianjurkan untuk itu, karena kandungan antasida merupakan salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung.

  • Mengeluarkan Racun Pada Tubuh
Tubuh yang sehat adalah tubuh yang memiliki organ dalam yang sehat pula, usus merupakan organ dalam yang harus kita jaga. Pada dasarnya banyak sekali makanan yang dicerna dari usus kelambung dan makan itu belum diketahui baik apakah baik untuk tubuh atau mengandung racun. Usus yang sehat akan didapatkan apabila makanan yang kita konsumsi baik bagi tubuh dan dektoksifikasi pada tubuh tidak tersendat.

bahaya dan manfaat buah pisang bagi kesehatan

2. Bahaya Makan Pisang Bagi Kesehatan

Setelah kita membahas tentang manfaat dan cara menanam buah pisang, sekarang admin akan membahas tentang bahaya mengkonsumsi secara berlebihan buah pisang ini. dikutip dari halosehat.com ada setidaknya banyak resiko yang terjadi jika kita mengkonsumsi buah pisang secara berlebihan. Berikut resiko yang terjadi jika kita mengkonsumsi buah pisang terlalu berlebihan.

  • Kandungan Gula
Untuk penderita diabetes, kandungan gula yang terdapat pada pisang dapat menimbulkan efek negatif terutama jika di konsumsi secara berlebihan. Kandungan gula pada pisang, terutama glukosa, dapat menimbulkan efek lain, yaitu kerusakan pada gigi. Mengkonsumsi pisang dalam level tertentu dan jumlah terlalu banyak memiliki efek yang sama dengan mengkonsumsi sejumlah permen.

Meskipun begitu, buah pisang memiliki manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah kandungan serat yang cukup tinggi. Oleh sebab itu anda tidak perlu khawatir dengan resiko yang terdapat pada buah pisang selama anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Direkomendasikan juga, agar mengetahui kandungan apa saja yang terkandung dalam buah pisang, hal ini untuk menghindari kandungan zat-zat yang tidak baik bagi tubuh dalam keadaan tertentu, seperti kandungan gula untuk penderita diabetes misalnya. Secara umum, disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang tidak lebih dari 2 atau 3 buah pisang setiap hari.

  • Ketidakseimbangan Hormon Estrogen dan Androgen
Buah pisang memiliki beberapa kandungan zat tertentu yang baik untuk perkembangan hormon. Kandungan ini adalah Xenobiotik, dimana kandungan ini akan mempengaruhi keseimbangan hormon pada tubuh. Zat Xenobiotik yang terkandungan dalam tubuh akan mempengaruhi produksi estrogen pada wanita dan androgen pada pria. Bila di konsumsi dalam takaran yang wajar, buah pisang akan berpengaruh positif, seperti perbaikan sistem saraf, gangguan tidur, dan mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Sedangkan jika dikonsumsi berlebihan, buah pisang akan membuat keseimbangan hormon menjadi kacau sehingga berakibat pada haid yang tidak teratur pada wanita, atau tubuh akan cepat mudah kelelahan.

  • Penyempitan Pembulu Darah
Penyempitan pembuluh darah dapat dialami oleh orang yang memkonsumsi buah pisang. Ini disebabkan karena pisang memiliki kandungan tiramin, tak hanya pisang keju juga ada zat titamin didalamnya. Zat tiramin ini akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. akibatnya terganggunya peredaran darah, efek yang terasa secara langsung dirasakan oleh tubuh seperti penderita migrain, stroke, dan sakit jantung, bagi seseorang yang mengidap penyakit tersebut disarankan tidak mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang terlalu banyak.

  • Sembelit
Sembelit merupakan bahaya yang paling umum yang terjadi pada tubuh manusia, terlalu banyak memakan buah pisang bisa menyebabkan susah buang air besar atau biasa kita dengar dengan sebutan sembelit. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat kematangan buah pisang itu sendiri, dimana pisang yang belum matang akan membuat resiko terkena sembelit menjadi lebih besar. Buah pisang yang mentah memiliki kandungan pati yang akan mempengaruhi proses pencernaan pada tubuh. Sehingga membuat perut seakan tersumbat dan susuah untuk buang air besar.

Disisi lain, pisang memiliki kandungan kalium di dalamnya, yang justru bagus untuk pencernaan manusia. Kandungan kalium yang dimiliki, buah pisang bisa dijadikan sebagai obat pereda diare atau sembelit.

Baca juga >> Efek Samping Daun Ceramai dan Manfaat Buah Cermai Untuk Kecantikan
  • Kelebihan Kalium
Tubuh manusia membutuhkan asupan kalium untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, tentunya dalam batasan tertentu, kekurangan kalium akan menimbulkan resiko buruk untuk kesehatan. Buah pisang memiliki kandungan kalium yang dibutuhkan manusia, karenanya pakar kesehatan merekomendasikan buah pisang sebagai salah satu sumber asupan kalium yang baik untuk tubuh, tentu saja dalam jumlah yang wajar.

Bagaimana jadinya jika kita mengkonsumsi banyak kalium dengan pisang sebagai medianya?, ada istilah dengan nama Hyperkalemia, yaitu sebuah kondisi terlalu banyak memiliki kalium pada tubuh. Kondisi ini ditandai dengan pelemahan otot, detak jantung yang tidak teratur,  dan kelumpuhan sementara. Mengkonsumsi buah pisang dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan resiko terkena penyakit Hyperkalemia. jadi disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang jangan terlalu berlebihan, karena akan berdampak pada tubuh kita sendiri.

Itulah Bahaya dan Manfaat Buah Pisang Untuk  Kesehatan, semoga informasi tentang buah pisang ini dapat kita ambil sebagai pelajaran. Memang yang berlebihan itu kurang baik karena dalam hal kesehatan pada tubuh hendaknya memiliki porsinya masing-masing. Sekian dan salam sehat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Bahaya dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan "