Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Rambutan Serta Bahaya Memakan Buah Rambutan Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Rambutan - Buah rambutan adalah tanaman yang banyak ditemukan dipedesaan dengan suhu yang lembab dan iklim tropis. Di asia tenggara terutama di Indonesia ada banyak macam rambutan. Buah ini memiliki ciri khusus yang tidak ada pada bua-buah lain yaitu mempunyai kulit yang menyerupai rambut kribo.

Buah rambutan tergolong dalam suku lerak-lerakan yang ada diasia, nama ilmiyahnya adalah Nephelium Lappaceum, kita tidak dapat menjumpai buah ini disemua musim, karena buah ini tumbuh di musim-musim tertentu saja. Orang-orang biasa menyebutnya musim woh (buah) rambutan.

Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori pada buah rambutan bisa membuat orang kenyang dalam waktu yang lama, karena kadar air dan seratnya. Dari situs healt with foot dalam 100 gram, mengandung 40 mg vitamin C. Vitamin C ini dapat berfungsi meningkatkan sistem imun pada tubuh, terutama flu,  meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk mendetoks logam dan racun yang ada pada tubuh.

Selain kandungan serat yang tinggi dan vitamin C buah rambutan ini juga mengandung tembaga dan zat besi fosfor. Setiap 100 gram penyajian, terdapat 0,18 mg yang setara 9% dari kebutuhan nutrisi tubuh. Adapun manfaatnya menurut situs  healt with foot, kekurangan tembaga dapat menyebabkan kolesterol tinggi, anemia, kelelahan dan infeksi.

Mengkonsumsi rambutan sebanyak 100 gram memberikan pasukan zat besi sebesar 13,8-31,2% dari jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Dari situs live strong, zat besi membantu mencegah kelelahan, pusing yang diakibatkan oleh anemia atau kurang darah. Sama halnya dengan hal diatas buah rambutan juga menyumbang fosfor 4,3% dari kebutuhan harian pada tubuh, jika kita mengkonsumsinya sebanyak 100 gram per harinya.

Baca juga >> Bahaya dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Buah Rambutan Serta Bahaya Memakan Buah Rambutan Bagi Tubuh dan Ibu Hamil


Sedikit banyak kita telah mengetahui manfaat yang ada pada buah rambutan, dan tak hanya itu manfaat yang terkandung dalam buah ini, masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dari memakan buah yang kaya akan manfaat ini.

Manfaat konsumsi Buah Rambutan

Manfaat Mengkonsumsi Buah Rambutan

  • Mencegah Kanker
Sebuah penelitian di negara Thailand  di uiversitas chian mai menemukan bahwa biji dan kulit buah rambutan memiliki antioksidan yang kuat yang disebut flavonoid. Beberapa flavanoid dipercaya dapat mengurangi kolesterol dan penyakit kangker.  Penyakit kangker dapat kita cegah dengan mengkonsumsinya rambutan sesuai kebutuhan.

  • Mencega dan mengobati Kencing Manis
Tak hanya anemia dan ginjal buah rambutan memiliki manfat lain. salah satunya yaitu  mencegah serta mengobati penyakit kencing manis. Gejala kencing manis terjadi karena adanya gangguan di dalam kandung kemih dalam menyaring darah yang dipadati oleh zat gula. Buah ini dapat membersihkan cairan limbah dari campuran darah dan gula, sebelum dikumpulkan di kandung kemih.

  • Kesehatan Ginjal
Ginjal merupakan organ manusia yang memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh. Organ ini berperan penting sebagai filter racun dari makanan dan minuman yang di konsumsi. Penyakit yang sering muncul pada organ ini adalah batu ginjal, untuk menghindari penyakit batu ginjal, kita bisa memanfaatkan buah rambutan. Kandungan mineral fosfor dalam buah ini berfungsi untuk mentralkan toksin atau menyempurnakan pekerjaan ginjal.

  • Menyembuhkan Diare
Diare adalah penyakit yang menyerang daerah perut lebih tepatnya di daerah lambung, pencernaan yang tidak sehat akan membuat perut terjangkit penyakit yang satu ini. Saat diare, kondisi lambung mengalami gangguan bakteri dan racun yang masuk melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi. Mengkonsumsi buah rambutan, dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Organ didalam akan terlindung dari bakteri dan proses pencernaan sejak dari lambung menuju usus besar akan bekerja dengan baik.

  • Menetralisir Kekurangan Vitamin A dan C
Dalam buah rambutan terdapat beberapa vitamin yang terkandung didalamanya seperti vitamin A dan C. Tubuh manusia memerlukan banyak asupan nutrisi, dan vitamin. Salah satu penyakit kekurangan vitamin ini adalah penyakit anemia. Kekurangan Vitamin A dapat memberikan efek buruk kepada manusia, yang sering terjadi menganggu organ mata dan penglihatan manusia.

Sariawan, bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan merupakan penyakit  kekurangan vitamin C pada daerah kepala. Mengkonsumsi buah rambutan bisa menetralisisr penyakit tersebut. Buah rambutan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan dapat menguatkan daya tahan tubuh yang melemah. vitamin C. Selain rambutan jeruk juga banyak mengandung vitamin C dan mudah didapat, jadi kita tidak akan susah untuk memperolehnya.

  • Menyembuhkan Penyakit Radang
Penyakit radang atau Inflamasi biasanya terjadi dalam tubuh dan bisa menyerang bagian mana saja pada tubuh kita. penyakit radang yang diderita manusia biasanya seperti radang sendi, radang otot, radang tenggorokan, radang paru-paru dan lainya. Jika tidak ada tindak lanjut dan hanya membiarkan saja, maka akan berbahaya untuk tubuh kita. Dianjurkan untuk mencoba mengkonsumsi buah rambutan, sebagai buah yang anti inflamasi bagi organ dalam, buah rambutan dapat membantu menyembuhkan radang tersebut pada tubuh kita.

  • Menguatkan Sistem Imun
Terdapat kandungan tembaga didalam rambutan, hal ini bermanfaat untuk proses pembuatan sel darah putih pada tubuh. Jika sel darah putih dalam tubuh seseorang normal, sel tersebut akan mampu melawan berbagai jenis virus, kuman serta bakteri yang mengancam kesehatan tubuh. Sebaliknya, jika sel darah putih berkurang, akan timbul gejala negatif, seperti lemah, lesu, yang paling parah adalah kanker.

  • Menambah Energi
Sering merasa lesu, cepat lelah?. Itu merupakan penyakit yang timbul karena kekurangan darah, atau kencing manis. Kita dapat menetralisirnya dengan mengkonsumsi buah rambutan. Mengkonsumsi buah ini dapat membantu meningkatkan energi secara maksimal, karena buah rambutan mengandung sejumlah karbohidrat dan juga protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

  • Menjaga Kesehatan dan Kelembaban Kulit
Vitamin C yang tinggi dalam buah ini dapat membantu meremajakan kulit mereka. Jika seseorang rajin mengkonsumsi buah rambutan, orang tersebut sama halnya merawat kecantikan dan menjaga kesehatan tubuhmu. Vitamin C juga mampu mengurangi garis halus dan keriput pada wajah, wajah akan lebih lembab dan lebih elastis.

  • Membantu Program Diet
Buah rambutan mengandung kalori yang rendah yang cocok dikonsumsi saat sedang diet. Bagi orang yang suka diet dan takut badanya mengalami penggemukan, jangan kawatir karena buah ini memang rendah kalori. Karena menurut pakar tanaman obat, buah rambutan mengandung gizi yang lengkap. Mengkonsumsi buah ini merupakan upaya untuk menjalani diet secara alami. Tak hanya memakan buah saja kegiatan ini juga diseimbangkan dengan olah raga, istirahat cukup dan pola makan yang teratur agar program diet dapat terlaksana dengan baik.

Buah rambutan yang banyak kita jumpai di sekitar rumah, pasar atau di pinggi jalan, ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya. Terbukti beberapa penyakit seperti kencing manis, ginjal, imun, dan kekurangan darah, dapat pulih dengan mengkonsumsi rambutan sesuai kebutuhan tubuh manusia.

Bahaya Memakan Buah Rambutan Bagi Tubuh dan Ibu Hamil

Bahaya Memakan Buah Rambutan Bagi Tubuh dan Ibu Hamil

Sebelumnya sudah diberi penjelasan singkat tentang manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh dan sekarang akan kami singgung juga bahaya memakan buah rambutan bagi kesehatan dan ibu hamil.

  • Pemicu diabetes
Diabetes merupakanpenyakit yang sering terjadi pada orang yang banyak makan-makanan manis. Mengkonsumsi buah rambutan dan buah manis seperti  bahaya memakan buah pisang secara berlebihan tidak direkomendasikan untuk penderita penyakit ini, karena buah-buahan tetap mengandung glukosa, dengan efek menambah kadar gula darah pada penderita diabetes, sehingga tidak dianjurkan bagi orang yang mempunyai riwayat penyakit ini. namun seseorang dapat mengkonsumsi buah dalam jumlah yang cukup, walaupun tetap dia menderita diabetes
.
Efek rambutan dalam menurunkan kadar kolesterol darah belum benar-benar terbukti dalam penelitian besar dan belum juga dapat ditentukan berapa banyak jumlah rambutan yang harus dimakan untuk dapat menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, rambutan hanya dapat disebut sebagai makanan yang diperbolehkan dimakan oleh penderita kolesterol tinggi, namun tidak dapat digunakan sebagai pengganti terapi medis untuk penderita kolesterol tinggi.

  • Kandungan alkohol pada buah rambutan yang membahayakan ibu hamil
Perlu diketahui bahwa rasa manis gula dalam buah rambutan bersifat alkoholic, bila buah ini terlalu masak kandungan gula menjadi tinggi hal ini akan merubah gula menjadi alkohol. Hal tersebut akan menaikan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, dan akan sangat berbahaya bagi orang yang menderita penyakit kencing manis, diabetes dan juga ibu hamil. Kadar gula yang tinggi pada buah rambutan yang terlalu matang akan menimbulkan jejak alkohol yang berbahaya bagi ibu dan janin, karena hal tersebut akan menimbulkan diabetes gestational yang berbahaya ibu dan janinya.

Kita dapat pahami ternyata buah rambutan yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyimpan potensi efek negatif terutama pada orang yang menderita penyakit gula dan ibu hamil. Saat musim rambutan biasanya orang memakan secara berlebihan tanpa disadarinya, satu demi satu dimakan sampai-sampai sudah habis banyak kita memakan buah ini.

Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa jangan memakan sesuatu apapun secara berlebihan meskipun itu menyehatkan bagi tubuh, makanlah sesuai kebutuhan tubuh dan janganlupa untuk selalu menjaga kualitas makan kita. mungkin  hanya itu manfaat buah rambutan dan bahaya memakan buah rambutan bagi tubuh dan Ibu hamil tetap jaga kesehatan kia.

Baca juga >> Efek Samping Daun Ceramai dan Manfaat Buah Cermai Untuk Kecantikan

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Rambutan Serta Bahaya Memakan Buah Rambutan Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil"