Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dan Bahaya Jeruk Bagi Tubuh

Jeruk -Buah jeruk atau buah liamu merupakan tumbuhan dengan marga citrus dari suku rutaceae. Buah ini memiliki dua rasa, ada yang manis dan ada yang masam, rasa masam yang ada pada buah ini karena asam sitrat yang terkandung dalam buah jeruk. Sedangkan rasa manis yang ada karena kandungan glukosa yang  menjadi pemicu manisnya buah ini.

Jeruk banyak tumbuh diasia tenggara dan asia timur, jeruk yang manis dan sitrun atau lemon banyak terdapat di asia timur. Sedangkan jeruk nipis, jeruk bali, jeruk perut semua itu berasal dari asia tenggara khususnya ketiga jeruk tersebut banyak kita lihat di indonesia.

Pohon ini mudah sekali tumbuh didatarin tinggi maupun rendah, dengan iklim lembab dan panas. buah ini harus ditanam didataran yang banyak terkena sinar matahri, dan apabila di tanam di dataran tinggi kulit jeruk akan menjadi tebal dan pahit.

Keadaan tanahpun perlu di perhatikan untuk hasil yang baik bagi buah ini. tanah yang gembur merupakan tanah yang baik untuk cocok tanam buah jeruk. Tak lupa dengan kandungan organik yang tinggi dan memiliki drainase serta aerasi yang baik. Selain buah jeruk, daun jeruk juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedap makanan, parfum, komponen pudding. Aroma yang timbul pada buah ini dari sejumlah flavenoid dan terpenoid.

Buah jeruk memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, nutrisi ini meliputi; vitamin C, serat pangan pektin, folat, vitammin B1, vitamin A, antioksidan flavanoid beta karoten, hesperidin, beta cryptoxanthin, tembaga, kalsium dan lain sebagainya.
Baca juga >> Bahaya dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
Banyak manfaat yang dapat kita dapat dari mengkonsumsi buah ini seperti mengobati sakit jantung, menurunkan kolesterol, mengatasi darah tinggi, mencegah kangker, mengatasi wasir, mengatasi flek hitam dan lain-lain. selain manfaat buah ini jika di konsumsi berlebihan akan berdampak pada tubuh. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dibawah ini.

Manfaat jeruk bagi tubuh dan muka

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Dan Kulit Wajah


Mengobati Sakit Jantung

Kandungan vitamin C jeruk dipercaya mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Menurut beberapa peneltian flavanoid yang ada pada buah jeruk mampu menjaga pembulu darah agar terhindar dari penyumbatan. Kita dapat mengkonsumsi buah ini langsung maupun mengolahnya menjadi minuman jus tanpa menambah gula. Hal ini dilakuakan karena jika buah jeruk di tambahkan di takutkan akan menambah glukosa padah tubuh yang berbahaya bagi penderita diabetes.

Menurunkan Kolesterol

Buah jeruk mengandung de-liminone, senyawa kimia yang melarutkan kolesterol dan menghambat aktivitas kangker usus dan payudara. Serat larut air yangyang terdapat pada buah ini dapat mengikat kolesterol yang terserap diusus halus manusia.

Buah jeruk mengandung banyak kadar vitamin C, vitamin ini tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol tetapi juga mengurangi datangnya penyakit jantung.

Mengatasi Darah Tinggi

Selain menurunkan kolesterol dan penyakt jantung buah jeruk juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Hal ini karena vitamin C yang terkandung dalam buah ini adalah buah yang tinggi nutrisi dan rendah kalori. Buah jeruk juga mengandung kalium sebanyak 326 mg dan tidak mengandung  natrium. Maka buah ini merupakan buah yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Mencegah Kangker

Dilansir dari laman styleccraze.com kandungan nutrisi dan antioksidan pada jus dapat mencegah pertumbuhan sel kangker dan dapat  menyehatkan tubuh. Mengkonsumsi jeruk dengan cara jus juga memiliki efek positif bagi hal-hal yang berkaitan dengan penyakit kangker yang ada pada tubuh. Antioksidan yang ada pada buah ini tak hanya mencegah pertumbuhan sel kangker tapi juga menekan pertumbuhan sel kangker pada tubuh.

Salah satu jenis jat yang ada paa buah jeruk yaitu flavanoid yang ditemuakan dibuah jeruk dapat menurunkan resiko kangker hal ini dikutip dari profesor aedin cassidy dari norwich.

Mengatasi Flek Hitam

Vitamin C dan asam sitrat yang terkandung dalam buah jeruk dipercaya mampu mengelupas sel kulit mati, dan mempercepat proses peremajaan pada kulit. Hal ini bisa dilakukan jika seseorang menggunakan jeruk nipis sebagai medianya, jeruk nipis dapat menghilangkan komedo pada hidung tentunya dengan cara yang sudah teruji.
Efek samping buah jeruk

Efek Samping Buah Jeruk Bagi Tubuh

Meskipun kaya akan manfaat namun jeruk juga mempunyai efek negatif bagi tubuh, dari peningkatan gula darah, masalah gigi, meningkatkan resiko osteoforosis dan lain-lain. untuk lebih detailnya ada dibawah ini.

Merugikan Organ Dalam

Vitamin C menyerap zat besi yang ada diusus besi. Jika kita meminum jus secara berlebihan vitamin C yang ada pada buah jeruk akan menyebabkan penyerapan zat besi yang berlebihan menjalar ketubuh, hal tersebut akan merugikan organ-organ lain seperti pankreas, liver bahkan ginjal.

Meningkatnya Resiko Terkena Osteoporosis

Kandungan vitamin C pada buah jeruk diperlukan untuk menambah kalsium yang cukup untuk melindungi tubuh. Orang yang minum jus jeruk secara cukup akan memperkuat tulang. Namun jika vitamin C ini dipasok secara terus meneruslambat laun masalah akan timbul pada tulang.  Vitamin C dapat mengeluarkan kalsium untuk metabolisme tubuh, hat tersebut sangat beresiko terkena osteoporosis.

Peningkatan Kadar Glukosa

Buah jeruk yang kita buat jus akan meningkatkan glukosa darah secara bertahap. Jus jeruk memiliki indeks gikemik yang dapat menciptakan gula darah. Bila dikonsumsi secara berkala, maka akan menyebabkan asupan karbohidrat yang tinggi serta kadar glukosa pada darah yang semakin naik.
Baca juga >> Beberapa Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kangker dan Diabetes

Masalah Gigi

Enamel yang ada pada gigi manusia sangat sensitif terhadap rasa asam, jus jeruk mengandung sejumlah asam. Jika asam dari jus jeruk di konsumsi secara besar-besaran, hal itu akan membawa masalah pada gigi. Hal ini disebabkan jus jeruk yang kita minum bereaksi dengan kalsium dalam enamel gigi. Sedikit demi sedikit akan merusak enamel pada muilut. Bisa dikatakan hal itu terjadi karena serangan bakteri yang ada pada mulut.

Bangkitnya Goestrosophagel Refluk

Goestrosophagel refluk adalah istilah medis dari perut yang tidak enak atau sering mulas, buah jeruk mengandung asam, hal ini tidak akan membuat kandungan asam yang ada diperut naik, namun hal tersebut kan menambah durasi sakit perut yang dialami.

Jeruk mempunyai banyak manfaat yang terkandung dalam buahnya, yang sering dijumpai adalah orang yang sakit bibir dapat mengandalkan buah yang asam ini agar sakitnya dapat mengurai, seperti pedang berbelah dua ada juga efek samping jeruk jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak, salah satunya adalah menambahnya berat badan. Telah kita singgung diatas bahwa jus jeruk  mengurangi jumlah serat yang ada pada buah ini, sehingga perut tak akan kenyang untuk dalam jangka waktu yang lama. Dilain sisi berlebihan memium jus  ini akan membuat pengaturan gula menjadi tidak stabil. Kadar gula yang turun akan mebuat perut semakin cepat lapar, hal tersebut akan berakibat bertambahnya jumlah makanan yang dia makan yang beresiko bertambahnya berat badan. Tetap jaga kesehatan kita.

Posting Komentar untuk "Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dan Bahaya Jeruk Bagi Tubuh"