Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Hilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku

SerbaSehat95 - Kuku merupakan organ yang penting bagi manusia, dengan segala fungsi dan kecantikanya. Dengan adanya kuku kita bisa memanfaatkanya sebagai alat alami untuk garuk-garuk kulit, mengupil, sampai menghiasnya dengan seelok mungkin.

Ada kebiasaan buruk yang sering di lakukan manusia dengan kukunya yaitu, menggigit kuku jarinya.

Kegiatan ini sering dilakukan ketika seseorang sedang merasa cemas, gugup, lapar ataupun lapar.

Mungkin sebagian orang melihat kejadian ini termasuk kebiasaan wajar dan tidak membahayakan bagi si empunya.

Padahal jika di kaji lebih lanjut kebiasaan mengggit kuku bisa menjadi sumber penyakit karena kuku tidak selalu dalam keadaan bersih.

Anda bisa mengetahui dampak buruk yang terjadi akibat kebiasaan menggigit kuku.

Kalau sudah begitu, bagaimana cara menghentikan kebiasaan ini?. berikut merupakan cara mudah hilangkan kebiasaan menggigit kuku.

 

Cara Sederhana Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku


Mencari tahu penyebab kebiasaan seseorang menggigit kuku

Yang pertama mungkin kita perlu cari tahu penyebab seseorang menggigit kuku. Karena hal ini perlu dilakukan untuk observasi lebih lanjut.

Dari psikolog klinis dan pendiri Institute of Cognitive Behavioral Therapy di California yang bernama Paul DePompo.

Ia mengatakan bahwa faktor penyebab seseorang memiliki kebiasaan menggigit kuku karena  sedang merenung dari suatu masalah, tidak ingin memikirkan sesuatu secara berlebihan, bosan, atau kebiasaan seperti seolah-olah sedang mengunyah sesuatu, sampai ada sesuatu yang menyangkut di giginya.

Kalian bisa ingat-ingat sendiri kapan akan mulai menggigit-gigit kuku jari, apakah saat sedang stres karena masalah kerjaan, selagi santai nonton film, atau ketika saat merasa cemas akan suatu hal.

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kalian perlu mengurangi kebiasaan mengigit kuku yang muncul pada saat dalam di situasi itu.

Minta bantuan orang terdekat untuk melarang kebiasaan menggigit kuku jari

Mungkin cara ini kurang begitu efektif, karena butuh seseorang yang selalu didekat kita untuk melakukanya. Namun sebagia pencegahan perlu adanya seseorang yang perlu mengingatkan.

Kalian bisa ambil contoh sholat ( sholat fardhu), sebelum sholat biasanya kita sudah diingatkan oleh suara adzan yang ada di masjid atau surau di sekitar kalian.

Kembali ke topik utama, dari hasil observasi lingkungan menunjukkan bahwa bekerja sama dengan orang terdekat untuk mencapai tujuan, dapat meningkatkan peluang kalian untuk berhasil.

Selain itu, kalian bisa mencari teman yang memiliki kebiasaan yang sama dan ingin berhenti dari kebiasaan menggigit kuku. Sehingga keduanya bisa saling membantu untuk mengurangi kebiasaan buruk ini.

Perlu disadari, jika kalian ingin berubah dari kebiasaan menggigit jari, kalian perlu  memulainya dengan melakukan kesadaran serta komitmen serius untuk berhenti dari kebiasaan menggigit jari.

Mencari tahu bakteri yang ada di balik kuku

Kegiatan ini mungkin jarang dilakukan orang ya, karena kalian perlu mencari tahu bakteri apa yang hinggap di kuku kalian.

Dari Hal Weitzbuch, seorang ahli dermatologi, menyatakan bahwa seseorang yang menggigit kuku biasanya belum membersihkan tangannya sebelum memasukkan tangannya ke dalam mulut.

Sehingga hal tersebut memudahkan kuman penyakit masuk ke dalam tubuh seseorang.

Perlu kalian sadari, sebelum melakukan kebiasaan ini, terdapat banyak kuman penyebab penyakit yang tersimpan di bawah kuku.

Pasalnya, tangan sering kali digunakan untuk memegang atau melakukan banyak hal.

Jadi tidak menutup kemungkinan di dalam kuku jari kalian akan ada banyak bakteri, virus, dan jamur.

Diharapkan dengan mengetahui hal buruk yang tersimpan di dalam kuku, secara perlahan kebiasaan kalian menggigit kuku jari akan berhenti.

Pastikan kuku selalu dalam keadaan pendek

Untuk mengantisipasi virus, kuman maupun bakteri yang hinggap di sela-sela kuku, kalian bisa memotongnya agar selalu pendek.

Biasanya kebiasaan menggigit kuku ini terjadi saat kuku jari tangan kalian dalam keadaan panjang, sehingga mudah untuk digigit.

Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memotong pendek kuku jari tangan, sehingga kalian akan mengalami kesulitan untuk menggigitnya.

Melakukan perawatan kuku

Orang yang melakukan perawatan kuku seperti manicure biasanya lebih merawat dan menjaga kuku-kukunya.

Mungkin hal ini sangat susah di lakukan untuk laki-laki, karena kegiatan manicure identik dengan perempuan. Namun kalian bisa mencari alternatif lain seperti memotongnya hingga pendek.

Jika kalian ingin mencoba untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku jari, maka melakukan manicure merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghentikan kebiasaan ini.

Faktor waktu, dana, dan usaha yang dikorbankan untuk melakukan manicure kuku,  dapat mencegah kalian dari keinginan untuk menggigit kuku jari.

Menggunakan cat kuku

Setelah melakukan manicure, sebagian wanita ada yang mempercantik kukunya dengan menggunakan pewarna cat kuku.

Penggunaan pewarna cat kuku akan membuat rasa kuku menjadi tidak enak, bahkan cenderung pahit saat digigit. Hal tersebut dapat menjadi salah atu cara untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

Fokus menghilangkan kebiasaan menggigit kuku pada salah satu jari

Dilansir dari laman Healthline, dari American Academy of Dermatology mengatakan jika menghentikan kebiasaan menggigit kuku dirasa sulit bila diterapkan langsung pada semua kuku jari.

Maka anda bisa menghentikan kebiasaan ini dengan cara perlahan-lahan, yaitu dari satu jari ke jari yang lainya.

Nah, setelah kalian berhasil menghentikan kebiasaan menggigit kuku pada satu jari kuku, dan bertahan dalam waktu yang cukup lama, kalian dapat melanjutkan ke kuku jari yang lain.

Jika kalian ingin kegiatan ini berhasil, lakukan hal ini dengan teratur dengan perlahan-lahan sampai kalian dapat meninggalkan kebiasaan menggigit semua kuku.

Sedia selalu alat gunting kuku

Seseorang yang biasa menggigit kuku, bisanya mempunyai kuku yang sedang, tak terlalu panjang atau pendek.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini adalah dengan selalu membawa gunting kuku kemana pun kalian pergi.

Sebab, tanpa disadari mungkin kalian sering tidak tahu kapan kuku mulai panjang.

Sebelum muncul keinginan secara tidak sadar untuk menggigitnya, kalian bisa memotong bagian kuku yang sudah terlihat panjang, agar tidak kalian gigit di waktu lain.

Terapi menggigit kuku

Salah satu muncul kebiasaan orang menggigit jari adalah karena luangnya waktu, dan ada rasa kesenangan melakukan aktivitas itu.

Namun, jika terdapat rasa resah atau gelisah di balik kegiatan menggigit kuku jari, kalian bisa menemui terapis atau psekiater untuk mengetahui serta konsultasi langsung untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

Pertahankan untuk tidak lagi menggigit kuku

Terakhir setelah kalian melakukan semua usaha untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku jari.

Dari yang atas sampai bawah tadi, pertahankan untuk terus melakukannya hingga dengan sendirinya kalian lupa pernah memiliki kebiasaan ini.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa belum ada waktu pasti yang dibutuhkan bagi seseorang untuk menghentikan sebuah kebiasaan, sampai dia berhasil menghilangkan kebiasaan tersebut.

Kuncinya, terus membiasakan diri untuk menghentikan hal itu, sampai lama kelamaan kalian akan terbiasa dengan perilaku yang baru.

Mungkin hanya itu yang bisa saya informasikan tentang cara mudah hilangkan kebiasaan menggigit kuku. semoga dengan artikel ini kita semua dapat menghindari kebiasaan buruk ini. sekian dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Hilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku"