Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Merawat Kulit Sekitar Mata

SerbaSehat95 - Kulit sekitar mata merupakan bagian wajah yang sering di lihat orang, dan bagian tersebut merupakan bagian yang kerap menunjukkan tanda-tanda penuaan dini yang paling sering terlihat mata.

Hal ini terjadi karena, mata merupakan organ tubuh yang banyak bekerja sepanjang hari, dari mulai melihat, berkedip sampai mengekspresikan.emosi. Semua hal itu hanya dilakukan dalam organ bagian mata saja.

Karena kulit bagian ini sangat tipis dan halus, tak heran jika kulit tersebut perlu perawatan ekstra agar tetap terlihat kencang dan segar.

Tanda penuaan, lingkaran hitam, garis-garis halus, dan kantong mata menjadi masalah utama yang sering dikeluhkan seseorang.

Kita bisa merawat kulit sekitar mata, tanpa perlu takut ada kata “terlambat” dalam merawatnya. Berikut merupakan cara sederhana merawat kulit sekitar mata.

Cara sederhana merawat kulit di sekitar mata


Menjaga kelembapan kulit sekitar mata

menjaga kelembapan kulit merupakan hal dasar yang perlu kita lakukan untuk merawat kulit sekitarmata. Tak hanya sekitar mata cara ini juga bisa kita terapkan pada bagian tubuh yang perlu kita jaga.

Kita juga tidak boleh menganggap enteng cara ini, pasalnya melembapkan kulit di sekitar mata membantu mencegah kerutan dan garis-garis halus dari faktor-faktor penuaan dini.

Kita dapat menggunakan pelembap wajah ringan, yang khusus digunakan di sekitar waja selama tidak ada reaksi negatif dari penggunaanya.

Namun, jika kita merasakan sensasi yang kurang baik seperti, menyengat atau mata berair dan merah. Langsung saja hentikan pemakaian tersebut, karena mungkin tidak cocok dengan wajah kita.

Kita bisa menggantinya dengan krim khusus mata karena cenderung lebih aman bagi kulit.

Pilihlah pelembap atau krim mata dengan bahan yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meregenerasi sel-sel kulit.

Bahan-bahan aktif juga perlu ada dalam krim ini, bahahan-bahan seperti retinol (turunan vitamin A), peptida, dan asam hialuronat sangat membantu dalam meremajakan kulit sekitar mata.

Menepuk dengan lembut bagian kulit sekitar mata

Saat bersentuhan dengan kulit di sekitar mata usahakan untuk menepuk dengan lembut kulit sekitar mata.

Kenapa dengan cara yang lembut?. karena kulit di bawah mata sangat tipis dan mudah berkerut jika mendapatkan tekanan esktra dalam sentuhan.

Oleh sebab itu, kita harus menyentuhnya dengan lembut, seperti kita menyentuh barang kecintaan kita. Lakukan dengan lembut baik saat menggunakan make up remover untuk mata atau menggunakan produk lain.

Pada saat memakai produk ke daerah mata, sebaiknya kita mengoleskan produk ke jari manis atau kelingking jari tangan.

Hal ini dilakukan karena jari manis atau kelingking biasanya tak memiliki tenaga sekuat jempol atau telunjuk. Kemudian, kita  oleskan secara perlahan hingga produk menyerap ke dalam kulit sekitar mata.

Melindungi kulit sekitar mata dengan tabir surya

Bukan hanya wajah dan badan saja yang perlu dioleskan tabir surya, area bawah mata juga perlu menggunakanya.

Kulit sekitar mata yang terkena paparan sinar matahari berlebih akan membuat kulit menjadi lebih gelap.

Jika kita tak menggunakan tabir surya di area ini, jangan heran kalau nantinya mata panda kita akan semakin menjadi-jadi.

Oleh sebab itu, penggunaan tabir surya di sekitar mata menjadi sebuah alternatif sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari.

Sebelum kita pergi dari rumah, kita perlu oleskan dahulu tabir surya di kelopak mata atas dan juga area bawah mata.

Kita juga bisa memberikan perlindungan tambahan dengan menggunakan kacamata hitam yang dapat melindungi kita dari paparan sinar matahari langsung.

Memijat area bawah mata

Untuk menjaga sirkulasi di sekitar mata agar tetap lancar, kita bisa mencoba untuk memijatnya secara perlahan.

Hal tersebut bisa kita lakukan baik saat menggunakan krim mata, ketika mencuci muka saat mandi atau pada saat setelah mencuci muka. berikut merupakan cara mudah cuci muka dengan benar.

Untuk orang islam sendiri, mungkin sudah biasa melakukan hal tersebut, karena memang pada saat wudhu kita sudah memijat daerah wajah dengan menyeluruh.

Kegiatan ini dapat membantu mengurangi kelebihan cairan yang menumpuk dan menjadi salah satu penyebab mata kita bengkak. Ketika cairan yang menumpuk sudah menghilang,  secara otomatis mata kita akan kembali terlihat segar.

Mengngompres bagian kulit dengan kantong teh

Bagi penggemar teh yang sering membuang kantongnya. Mulai sekarang jangan dibuang ya. Karena kantong teh celup bekas yang kita pakai ternyata dapat bermanfaat lho!!!.

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi tumpukan cairan di bawah kulit.

Oleh sebab itu, mulai sekarang, manfaatkanlah kantong teh bekas yang sudah tidak digunakan.

Caranyapun mudah, kita bisa mulai dengan merendam dua kantong teh bekas dalam air panas selama lima menit. Lalu, masukkan bekas teh tersebut ke dalam lemari es dengan durasi kira-kira 15-20 menitan. Setelah itu, taruh kedua kantong teh tersebut pada masing-masing kulit sekitar mata kurang lebih 10-20 menit.

Istirahat yang cukup

Istirahat dengan cara tidur yang cukup setiap hari membantu menjaga tampilan mata kita dari munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Pasalnya, kurang tidur bisa membuat kulit terlihat lebih gelap, pucat dan membuat garis hitam lebih terlihat.

Oleh sebab itu, kita bisa beristirahat sekitar 7-8 jam per hari untuk memulihkan kondisi kita dan menjaga kulit agar tetap lembut. Mungkin menjaga kulit agar tetap putih dan sehat dapat membantu kita dalam merawat kulit.

Memakan makanan sehat

Selain tidur yang cukup, kita juga perlu menjaga kesehatan kulit bawah dengan pola makan yang sehat.

Kita bisa menjaganya dengan memilah-milah  makanan yang perlu kita konsumsi. makanlah makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Berbagai nutrisi ini yang terkandung dalam vitamin-vitamin tersebut dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dengan membantu pembentukan sel-sel baru pada kulit.

Kita bisa memanfaatkan manfaat jeruk yang banyak mengandung vitamin C untuk membuat kulit daerah mata terlihat lebih segar dan cerah.

Menggunakan air mawar

Air mawar dapat menghilangkan flek hitam disekitar wajah anda, hal ini jjuga efektif untuk menghindari tanda peuaan dini.

Cara menggunakanyapu mudah, kalian hanya perlu membasahi kapas dengan air mawar dan pijat secara halus di sekitar bawah mata. Pijat dengan halus agar kulit tidak tergores.


Bagi kalian yang susah menghilangkan komedo pada wajah, berikut cara menghilangkan komedo hitam dan putih pada wajah.


itulah Cara Sederhana Merawat Kulit Sekitar Mata, mungkin hal-hal kecil yang tidak kita ketahui akan sangat berdampak pada diri kita oleh sebab itu, kita bisa memulai dengan hal-hal kecil sebelum melakukan hal yang besar.

Posting Komentar untuk "Cara Sederhana Merawat Kulit Sekitar Mata"