Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecanduan Rokok, 6 Makanan dan Minuman Pengganti Rokok Yang Baik Untuk Kesehatan

SerbaSehat95 - Merokok merupakan kegiatan yang sering dilakukan pria, ntah itu remaja, dewasa, tua sampai anak-anak pun kadang ada yang juga sudah merokok. Tak hanya pria ada juga sebagian wanita yang ngerokok.

Sebagai negara penghasil rokok terbesar didunia, memang suli untuk keluar dari bayang-bayang rokok.

Seorang pecandu rokok berat kadang hampir menyerah untuk bebas dari rokok, sebab banyak yang tak kuat dan dilanda stres setelah berhenti melakukanya.

Bukan hanya itu reseptor lidah dan hidung juga ikut rusak akibat terkena zat-zat kimia yang ada tercampur dalam rokok.

Dilansir dari Hallosehat, satu kepulan rokok melepaskan 7.000 asap yang beracun, kalian dapat membayangkan dalam sekali kepulan sudha begitu banyak racun yang keluar dan merusak saraf-saraf yang ada dimulut. Mengerikan bukan!!!.

Tapi tenang saja bagi pecandu rokok berat yang ingin mengubah kebiasaan merokok ada sebuah penelitian yang di muat dalam jurnal tabacco induced diseases tahun 2007, mengatur pola makan dapat menjadi salah satu upaya yang terbukti dapat menangkal kebiasaan merokok.

Cara yang sederhana, karena hanya mengandalkan pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang tidak dianjurkan saja

Penasaran kan?. Makanan dan minuman apa saja yang dapat menangkal kebiasaan buruk ini, berikut makanan dan minuman yang dapat membantu kalian berhenti merokok. Monggo di lihat.

Makanan dan Minuman Pengganti Rokok Yang baik Untuk Kesehatan 

Makanan dan Minuman Pengganti Rokok Yang baik Untuk Kesehatan


1. Permen Karet

Salah satu yang hal yang dapat membuat kalian tidak merokok adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat membuat mulut kalian sibuk dan tak jarang orang lupa kebiasaan merokok karena mengunyahnya.

Untuk tambahan, kalian dapat menghindari permen karet bebas gula serta mengurangi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

2. Popcorn

Popcorn tidak hanya dimakan pada saat nonton film saja lho?. Tetapi popcorn juga dapat menjadi salah satu makanan alternativ untuk berhenti merokok.

Bukan hanya membuat tangan jadi sibuk ngemil, memakan popcorn juga dapat membuat perut lebih cepat kenyang.

5 cangkir popcorn setara denagn 1.000 gram yang mengandung 150 kalori.

Sekitar 1.000 gram atau setara dengan 5 cangkir popcorn hanya mengandung 150 kalori. Kalori yang dibutuhkan pria sebanyak 2.500 kalori sedangkan wanita 2.000 perharinya.

Jadi, kalian tak perlu cemas akan kegemukan setelah makan popcorn karena jumlah kalori yang ada tidak dapat menutupi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiapa hari.

Perhatian
Hindarilah menambahkan mentega, gula, atau garam pada popcorn, serta ganti dengan sedikit minyak zaitun atau keju parmesan supaya lebih gurih dan menambah cita rasa yang terkandung didalamnya.

3. Air Mineral

Salah satu dari banyak minuman yang menyehatkan adalah air mineral, selain alami air mineral dapat menutupi jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat lain dari minuman ini adalah dapat menenangkan, mendetoksifikasi dan menyembuhkan tubuh. Salah satunya yaitu kebiasaan merokok, bawalah air mineral setiap kali kalian beraktifitas sebagai pengganti rokok yang kalian hisap.

4. Susu

Minuman kali ini mungkin sudah tak asing lagi di benak anda, ya susu merupakan minuman yang terdapat gizi, mineral, protein dan gula yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Salah satunya yaitu menangkal kebiasaan rokok.

Ketika nafsu untuk merokok muncul, jangan langsung mengambil sebatang rokok untuk penawarnya. Kalian dapat membuat segelas susu yang bisa sebagai alternatif pengganti rokok yang kalian hiisap.

Susu kan mahal?.

Mahal mana dengan kesehatanmu. Kalian pasti memilih kesehatan dari pada nikmat sesaat yang di dapat tubuh dari merokok.

Dari studi yang di muat di jurnal nicotine and tobacco penelitian tahun 2007 silam. Pada penelitian yang dilakukan, ada sekitar 209 perokok diminta untuk menikmati berbagai makanan dan minuman serta menilai jenis makanan apa saja yang dapat membuat lidah merasakan enak atau tidak.

hasilnya, minuman untuk berhenti merokok yang paling banyak dipilih adalah susu dan produk susu. Banyak yang berkata susu dapat membantu menghilangkan sensasi pahit di lidah akibat merokok.

5. Sayur dan buah

Selanjutnya yaitu sayur dan buah, bagi kalian yang sedang mencari makanan untuk berhenti merokok?.

Cobalah pilih berbagai sayur dan buah yang kalian sukai. Misalnya kalau sayur, kalian dapat memilih sayur kol, bayam, kecambah dan terong. Sedangkan kalau buah semangka, jeruk, pir, apel, atau buah-buahan lain yang banyak mengandung serat dan antioksidan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2013, menyatakan bahwa para mantan perokok yang suka makan sayur dan buah cenderung lebih mudah terbebas dari jeratan rokok.

Bahkan, nafsu untuk berhenti merokok terus menguat hingga 1 bulan mendatang, dibandingkan dengan mereka yang jarang makan sayur dan buah.

Sama seperti susu, lidah yang sering terkena sayur dan buah akan lebih membantu mengembalikan sensitivitas lidah yang banyak terkena zat kimia rokok.

Dengan begitu, kalian tak akan lagi mencari rokok saat galau, stres, atau bingung. justru beralih ke sayur dan buah yang lebih menyehatkan tubuh.

6. Kacang

Salah satu dampak negatif dari berhenti merokok yang paling umum adalah berat badan akan  naik secara drastis.

Hal ini terjadi sebab nafsu makan mantan perokok cenderung meningkat dan dilampiaskan dengan ngemil makanan ringan yang kurang sehat bagi tubuh.

Namun hal tersebut bukanlah menjad kendala bagi kalian yang ingin berhenti merokok.

Dari sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Annals of Internal Medicine tahun 2015 menyatakan bahwa orang yang makan makanan tinggi serat mengalami penurunan berat badan hingga 2,5 kilogram (kg) dalam sebulan.

Kacang merupakan biji-bijian yang kaya akan serat, yang dapat menjadi alternatif buat kalian yang ingin berhenti merokok, tanpa takut resiko berat badan naik secara drastis.

Yang terpenting adalah kalian harus lebih hati-hati saat memilih makanan dalam proses berhenti merokok.

 

Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Ingin Berhenti Merokok

 


Selain memilih makanan sebagai alternatif untuk berhenti merokok, ada beberapa jenis makanan yang juga harus kalian hindari.

Pasalnya, ada makanan atau minuman tertentu yang justru dapat memancing kembali nafsu merokok. Berikut ini merupakan makanan dan minuman yang harus kalian hindari.

1. Kopi


Minuman yang perlu kalian hindari adalah kopi. Meminum kopi justru menjadi salah satu teman terbaik untuk diminum saat sedang merokok.

Kalian dapat melihat orang yang sedang nongkrong di jalanan atau di lingkungan sekitar rumahmu. Jika ada kopi pasti ada rokok yang menyertainya.

Bukan karena kopi itu nikmat, hal tersebut justru menjadi bumerang bagi kalian yang sedang dalam proses berhenti merokok.

Hal ini terjadi karena kandungan kafein dalam rokok dapat merangsang reseptor di lidah untuk kembali merokok.

Sebisa mungkin, jauhilah jenis minuman ini agar usaha untuk berhenti merokok dapat berhasil.


2. Alkohol

Sama seperti kopi, banyak orang juga sering minum alkohol sembari mengisap rokok dalam waktu satu waktu.

Dari beberapa keterangan, katanya hal tersebut dapat menenangkan diri yang efeknya bisa berkali-kali lipat, jika digunakan dalam satu waktu sekaligus.

Jika di telisisk lagi, efek menenangkan ini memang benar adanya, namuan hanya bersifat sementara.
Justru, dibalik itu semua, ada banyak zat-zat racun masuk dan mengalir dalam darah dan merusak organ-organ tubuh secara perlahan.

Masih banyak lagi makanan dan minuman yang tidak boleh kalian konsumsi untuk memperlancar proses menghilangkan kebiasaan merokok. Seperi makanan yang rendah kalori, berkafein tinggi dan lain-lain.


Untuk menghilangkan kebiasaan merokok memang sangatlah susah, karena orang yang sudah kecanduan akan sulit menghilangkan kebiasaan yang telah lama ia lakuakan. Namun dengan kerja keras dan pantang menyerah dapat menyingkirkan itu semua.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan semoga informasi Kecanduan Rokok, 6 Makanan dan Minuman Pengganti Rokok Yang Baik Untuk Kesehatan dapat membatu proses menghilangkan kebiasaan buruk yang kalian lakukan. Salam sehat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Kecanduan Rokok, 6 Makanan dan Minuman Pengganti Rokok Yang Baik Untuk Kesehatan"