Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Push Up Yang Benar Untuk Membentuk Otot Dada Menjadi Bidang

Membentuk Dada Bidang - Dada yang bidang merupakan idaman bagi para pria, membentuk otot dada merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah dilakukan. Banyak yang menginginkan dada bidang agar terlihat percaya diri dalam berpenampilan. Penampilan yang menarik dapat juga  menarik cewek, karena mempunyai tubuh yang proposional terkadang mampu menambah daya tarik pria pada para wanita.

Tidak sedikit orang pergi kepusat kebugaran atau gym untuk membentuk dada mereka. Mungkin karena banyak fasilitas yang tersedia dan tempat yang menarik membuat para pria sering menggunakan tempat itu untuk membentuk dada mereka. Padahal, jika Anda menginginkan dada yang bidang anda dapat mendapatkanya dengan cara yang sederhana. Ada beberapa cara yang sederhana yang bisa Anda lakukan dirumah, tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Cara ini adalah dengan melakukann push up, cara ini banyak dilakukan orang-orang untuk menguatkan otot tangan dan tulang, tak hanya itu push up juga dapat mencegah dan mengatasi sarcopenia (kondisi dimana otot mengalami penurunan dikarenakan adanya penuaan otot), mengencangkan anggota tubuh dan membentuk otot bagian atas termasuk dada.

cara benar memebentu otot dada

Ada beberapa cara push up yang dapat membuat dada Anda cepat menjadi bidang. Seperti sigle leg pus up, knee to chest push up, spiderman push up, clan pus up dan wide grip push up. Bagi Anda yang kurang tau istilah push up tersebut, Anda bisa melihat rincianya di bawah ini.

Cara Push Up Yang Benar Untuk Membentuk Otot Dada Dengan benar


1. Sigle Leg Pus Up.

Gerakan sigle leg pus up
Gerakan sigle leg pus up dapat membantu dada Anda menjadi lebih bidang, tak hanya bagian dada, otot bagian atas juga akan dapat tumbuh dengan baik. Cara ini lumayan berat bagi Anda yang masih awal dalam melakukan push up, mungkin Anda bisa melakukan gaya wide grip push up dulu sebagai permulaan push up.

Cara melakukan sigle leg pus up adalah sebagai berikut;
  • Posisikan tubuh dengan ancang-ancang Push Up.
  • Angkat sebelah kaki.
  • Lakukan push up dengan menggunakan 1 kaki dan kaki  yang lain terangkat.
  • Jangan tumpukan 1 kaki ke kaki lain.

Karena push Up dengan cara ini hanya menggunakan 1 kaki, maka beban yang berat akan tertuju pada kaki yang terangkat. Hal ini terjadi karena satu kaki dan kedua tangan masih ada tumpuhan di tanah. Sedangkan kaki yang lain tidak ada tumpuhan. Lakukan dengan teratur setiap hari dan rasakan perubahanya setelah 1 bulan pelatihan.

2. Knee To Chest Push Up

gerakan knee to chest push up

Selain dapat membentuk dada, knee to chest push up juga dapat membentuk otot perut seseorang. Kaki yang tertekuk akan terbentuk karena gaya yang dihasilkan. Selain itu tumpuhan pada beberapa anggota badan dapat menguatkan otot pada bagian tersebut.

Cara melakukan knee to chest push up adalah sebagai berikut;
  • Posisikan tubuh dengan ancang-ancang push up.
  • Pada saat tubuh diangkat ketas, tekuk kaki sampai rata-rata air.
  • Posisi masih tetap tegak lurus pada saat tubuh diangkat.
  • Goyangkan beberapa kali kaki yang anda tekuk.
Karena push up dengan cara ini membebankan pada satu kaki, otot-otot yang ditumpu akan semakin kencang, dari otot tangan sampai kaki. Lakukan hal ini secara terus-menerus dan Anda bisa merasakan setelah beberapa bulan pelatihan.

3. Spiderman Push Up


gerakan spiderman push up
Spider pus up merupakan gerakan push up yang dapat memperkuat otot perut, hal ini lama kelamaan akan membuat perut Anda akan terbentuk dengan rapi. Selain perut dada juga akan menjadi bidang karena beban yang ada pada badan.

Cara melakukan spiderman push up adalah sebagai berikut;
  • Posisikan tubuh dengan ancang-ancang push up.
  • Angkat 1 kaki dengan posisi tertekuk kesamping, seperti spiderman mau memanjat.
  • Lakukan pergerakan ini dengan bergantian dengan kaki yang lain.
  • Lakukan secara terus-menerus setiap hari. 

4. Clan Push Up

gerakan Clan push up

Clan push up merupakan gerakan push up yang dapat memperkuat otot lengan, karena lengan yang jatuh pada saat sesudah diangkat akan memeberikan beban yang lebih pada lengan, sehingga otot lengan akan tumbuh dan membentuk dengan sendirinya. Selain itu gerakan ini dapat membentuk dada karena beban yang ada pada seluruh badan.

Cara melakukan clan push up adalah sebagai berikut;
  • Posisikan tubuh dengan ancang-ancang push up.
  • Lempar tubuh keatas dengan posisi masih pus up.
  • Tahan tubuh pada saat tubuh jatuh.
  • Lakukan secara terus-menerus setiap hari. 

5. Wide Grip Push Up

gerakan  push up wide grip

Cara ini merupakan cara yang paling mudah di praktekkan. Namun bukan berarti karena saya katakan mudah, push up ini mudah dilakukan. Menurut admin push up wide grip sama-sama susahnya dengan push up yang lainya.  Tetapi cara push up wide grip lebih sederhana.

Adapun wide grip push up dapat membentuk otot lengan, perut dan kaki dan bahu. Hal ini terjadi karena beban yang didapat pada saat melakukan gerakan.

Cara melakukan wide grip push up adalah sebagai berikut;
  • Posisikan tubuh dengan ancang-ancang push up
  • Renggangkan tangan hingga lebih lebar dari pada bahu.
  • Lakukan gerakan push up seperti biasa dengan posisi tersebut.
  • Lakukan secara terus-menerus setiap hari. 

Posisi ini akan membuat beban terpusat pada bahu dan kaki. Hal ini akan membuat dada akan tepompa dan membuatnya menjadi bidang. Selian itu bahu juga akan mendapatkan efek posistif untuk membantu pembentukan otot disana.

6. Intermedite Push Up


gerakan  intermediate push up
Push up dengan cara ini jarang dilakukan orang-orang karena,  memang butuh banyak tenaga dan penahan rasa sakit untuk melakukan ini. karena tumpuan kaki bukan tertuju pada ujung kaki, tapi pada lutut kaki.

Manfaat menggunakan metode ini dapat memperkokoh otoh bagian siku kaki, dan bagian tangan. Jadi otot-otot tangan dan kaki akan terbentuk dan memperkuat sendi kaki seseorang.

Cara melakukan intermediate push up adalah sebagai berikut;
  • Posisikan tubuh dengan ancang-ancang push up.
  • Posisikan lutut pada tanah.
  • Pastikan wajah menghadap kedepan.
  • Angkat satu kaki hingga lurus.
  • Lalu lakukan cara pus up seperti biasa.  
Keterangan
Untuk melakukan push up usahakan jangan sampai dada samapai pada tanah, jarak dada dengan tanah di beri jarak sekitar 5cm. Selama Push up usahakan tubuh tegak seperti berada dalam garis lurus. Dari ujung kaki sampai ujung kepala, usahakan  lurus. 

Itulah 6 cara push up yang benar untuk membentuk otot dada Anda, bagaimana mudahkan. Anda bisa melakukan gerakan tersebut dengan santai dirumah, dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pergi ke pusat kebugaran untuk membuat dada menjadi bidang. Mungkin hanya itu yang bisa admin sampaikan. Tetap semangat untuk mencapai tujuan, ganbatte.

Sumber
IDN TIME, kumpulan cara sehat

Posting Komentar untuk " 6 Cara Push Up Yang Benar Untuk Membentuk Otot Dada Menjadi Bidang"