Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut Yang Indah

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut - Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan yang tersebar di Asia, Amerika Tengah dan negara dengan iklim tropis. Jeruk ini mempunyai nama lain Lat Citrus Aurantifolia dalam famili rutaceae yang berhubungan dengan jeruk-jerukan.

Pohon jeruk nipis bercabang-caang dan berduri, daging buah berwarna putih kehijauhan, sangat asam, yang mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Kulit buah jeruk nipis sangatlah tipis dan mengandung minyak atsiri.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut

Air jeruk nipis mengandung senyawa kimia yang sangat berkhasiat bagi kesehatan rambut. Senyawa kimia titu dapat Anda manfaatkan untuk berbagai hal termasuk perawatan dan kesehatan rambut. Ada banyak jenis nutrisi dan senyawa kimia yang ada pada jeruk nipis, yang dapat membantu Anda mengatasi masalah rambut, berikut daftarnya;

Bentuk Senyawa dan Nutrisi Pada Jeruk Nipis


Jeruk nipis mempunyai banyak sekali kandungan yang ada pada buah jeruk ini. Dalam buah ini terkandung ;
  • Synephrine
  • Asam sitrat
  • Damar
  • Belerang
  • Zat besi
  • Asam sitrun
  • Glikosida
  • Kalsium
  • Asam Akrobat
  • Mineral 
  • Karbohidrat 
  • Protein 
  • Vitamin C
  • Fosfor
  • Vitamin B1. dll

Beberapa senyawa diatas terkandung dalam jeruk nipis dapat Anda manfaatkan menjadi obat serta nutrisi bagi rambut. Selain untuk nutrisi rambut jeruk nipis juga digunakan untuk mempercantik wajah  seperti mengankat sel kulit mati dan membuat wajah lebih sehat dan bersinar. Jadi banyak sekali manfat yang terkandung pada buah ini.

Setelah Anda mengetahui ap-apa saja kandungan yang ada pada jeruk nipis, sekarang Anda perlu tahu bagaicara memanfaatkanya menjadi bahan yang bernutrisi bagi rambut. Ada beberapa cara akan saya bagikan, mungkin nanti bisa Anda praktekkan untuk mengetahuinya. Silahkan dilihat manfaat dan cara menggunakan jeruk nipis ini.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Rambut Serta Cara Menggunakanya


1. Mencegah rambut kering dan kusam

Indikasi rambut sedang dalam keadaan rusak dan perlu mendapat perawatan untuk mengembalikan kilau dan kesehatannya adalah rambut menjadi kering dan kusam. Air yang terdapat pada buah jeruk nipis mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut.

Cara menggunakanya adalah;
  1. Siapkan jeruk nipis dan lidah buaya.
  2. Peras air yang terdapat pada jeruk nipis.
  3. Ambil jel yang ada pada lidah buaya.
  4. Campur kedua bahan tersebut hingga rata.
  5. Kemudian oleskan secara merata ke bagian batang rambut.
  6. Tunggu sampai terserap kemudian cuci sampai bersih.

Perlu adanya ketelatenan dalam menggunakan cara ini, karena tidak cuma sekali dua kali, namun beberapa kali sampai Anda sendiri merasakan perbedaanya. Adapun jika Anda menggunakan buah alpukat sebagai alternatif, caranya juga sama seperti menggunakan lidah buaya yaitu, sediakan buah jeruk dan alpukat tua, haluskan buah alpukat menggunakan mixser atau dengan cara di deplok, campurkan halusan buah alpukat dengan air perasan jeruk nipis. Usapkan disekitar pangkal rambut, tunggu sampai merata kemudian bersihkan dengan air.

2. Merangsang pertumbuhan rambut pada anak

Rambut anak yang masih dalam proses tumbuh, kadang tidak seperti yang diinginkan orang tua. Orang tua menginginkan rambut anak mereka halus, hitam dan bersinar. Jeruk nipis dapat menjadikan hal semacam itu, dengan proses yang mudah.

 Cara menggunakanya adalah;
  1. Sediakan jeruk nipis 1-2 buah.
  2. Potong lalu peras buahnya.
  3. Oleskan air jeruk nipis tersebut ke kepala anak.
  4. Lakukan hal tersebut dengan gerakan memijat.
  5. Lakuakan sampai air meresap, sekitar 10 menit.
  6. Bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

Lakukan dengan teratur jika ingin rambut anak Anda menjad hitam, lebat, dan berkilau sepanjang hari. (oke ini bukan iklan Life*** ya)

Baca Juga>> Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dan Bahaya Jeruk Bagi Tubuh

3. Mencegah kebotakan

Salah satu manfaat menggunakan jeruk nipis ini adalah mencega kebotakan. Banyak sekali anak-anak muda sekarng sudah banyak kehilangan rambutnya, apalagi seusai dia lulus dari SMA, SMK maupun Ma. Anda tidak mau kan botak diusia mudakan?. Untuk itu Anda bisa melihat cara menggunakanya agar kepala Anda terhindar dari kebotakan.

Cara menggunakanya adalah;
  1. Siapkan jeruk nipis dengan ginseng.
  2. Potong jeruk nipis tersebut, lalu peras airnya.
  3. Rebus atau parut ginseng tersebut lalu ambil airnya.
  4. Campurkan kedua bahan tersebut.
  5. Anda bisa menakarnya dengan perbandingan 1:1.
  6. Lalu, oleskan air tersebut ke pangkal rambut Anda.
  7. Tunggu sampai air meresap, kira-kira 25 menit setelah pengolesan.
  8. Bersihkan dan eringkan dengan handuk.
Karena ingin menghindari kebotakan, Anda harus rajin-rajin melakukanya, tidak usah terlalu banyak, cuma sehari satu kali saja, dengan catatan harus teratur.

4. Meluruskan rambut.

Mungkin ada seseorang yang ingin memiliki rambut yang lurus?. Hal ini mungkin dapat membantu Anda meluruskan rambut. Air jeruk nipis menjadi solusi yang aman bagi Anda yang ingin rambutnya lurus.

Cara menggunakanya adalah;
  1. Siapkan jeruk nipis dengan minyak zaitun.
  2. Potong jeruk nipis, lalu peras air yang ada didalamnya.
  3. Campurkan air jeruk dan minyak zaitun tersebut.
  4. Oleskan air tersebut ke pangkal rambut.
  5. Lakukan pemijatan di pangkal rambut.
  6. Tunggu sampai 10-20 menit sampai air meresap pada kulit kepala.
  7. Bilas menggunakan air hangat kemudian keringkan
Untuk orang yang mempunyai rambut ynag bergelombang baik karena proses pengritingan, terlalu sering diikat atau yang alami memang keriting. Hal ini juga dapat meluruskan rambut Anda jika anda melakukanya secara teratur.

5. Mencegah kutu rambut Datang

Kutu rambut merupakan gejala dimana rambut Anda terdapat hewan kecil yang menyerupai kutu. Kutu rambut dapat berpindah-pindah tempat rambut seorang ke orang lain. Jika kutu ini  ini telah menetap, maka kutu tersebut akan meninggalkan telur kutu, yang akan membuat keturunan baru. Orang yang ingin lepas dengan kutu rambut bisa menggunakan 2 cara yaitu dengan rajin berkeramas dan menggunakan jeruk nipis.

Cara menggunakanya adalah;
  1. Sediakan jeruk nipis dan pare.
  2. Potong dan peras jeruk nipis tersebut.
  3. Haluskan pare.
  4. Campurkan kedua bahan, aduk hingga menjad bubur.
  5. Oleskan keseluruh rambut.
  6. Tunggu hingga merata, kira-kira 25 menit.
  7. Bersihkan menggunakan air, lalu keringkan.

Tak hanya menghalangi kutu yang akan muncul pada rambut seseorang, cara ini juga dapat melembabkan, meningkatkan kesuburan, dan mencegah rambut rontok. Khasiat buah pare sendiri juga dapat mencegah timbulnya bakteri dan jamur yang datang ke kepala Anda.

Untuk pencegahan lebih lanjut, bisa Anda terapkan cara ini dengan teratur serta rajin mengoleskan air jeruk nipis ke rambut. Karena efek rasa asam sangat tidak disenangi kutu yang hinggap di rambut.

6. Memperkuat akar rambut

Di dalam jeruk nipis terdapat nutrisi yang dapat memperkuat akar rambut, akar rambut akan dikuatkan dari dalam dan memberikan banyak oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, semua itu dilakukan agar kekuatan rambut seseorang selalu terjaga dengan baik.

Cara menggunakanya adalah;
  1. Sediakan jeruk nipis dan seledri.
  2. Potong dan peras bahan keduanya.
  3. Campurkan kedua bahan tersebut.
  4. Aduk hingga rata.
  5. Oleskan keseluruh rambut dengan memijatnya secara perlahan.
  6. Rendam menggunakan air hangat.
  7. Bungkus dengan handuk yang masih bersih.
  8. Tunggu hingga merata, kira-kira 10-20 menit.
  9. Bersihkan menggunakan air, lalu keringkan.

Kandungan Nutrisi yang ada pada jeruk nipis dan seledri dapat mewujudkan rambut sehat, indah dan mempertahankan kekuatan rambuat hingga ujung rambut. Selain itu dengan menggunakan cara ini akan mampu menghalau efek buruk dari sinar matahari yang terkena rambut secara langsung.

7. Membuat rambut menjadi berkilauan

Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis mampu melindungi setiap helaian rambut dari paparan sinar matahari dan radikal bebas yang merusak kilau rambut seseorang. Minyak atsiri mampu membuat rambut lebih berkilau dan bercahaya sehingga membuat rambut semakin terlihat bersihdan indah.

Cara menggunakanya adalah;
  1. Sediakan jeruk nipis dan kelapa hijau.
  2. Potong dan peras jeruk nipis.
  3. Ambil air kelapa hijau.
  4. Campurkan kedua bahan, aduk sampai menyatu.
  5. Oleskan  pada seluruh rambut, dan pijat dengan perlahan.
  6. Tunggu hingga merata, kira-kira 15-25 menit.
  7. Bersihkan menggunakan air, lalu keringkan.

Perpaduan antara jeruk nipis dan kelapa muda hijau dapat membuat rambut menjadi halus, lurus dan terjaga kelembapanya. Jika rambut di jaga dengan baik maka rambut akan berkilauan dan menambah keindahanya.

8. Mencegah kerontokan pada ibu hamil dan orang tua

Jeruk nipis mengandung nutrisi yang melimpah. Hal ini dapat memperkuat rambut agar tidak mudah rontok. Jika rambut seseorang mulai rontok itu adalah indikasi jika rambut kurang mendapatkan asupan nutrisi. Hal itu dapat mempengarui kepercayadirian seseorang untuk tampil dimuka umum.
Selain itu rambut yang rontok bisa terjadi pada orang yang terkena penyakit parah, seperti kangker, tumor, dan lain-lain. bahkan rambut jadi mudah patah akibat kehamilan pada masa persalinan. Hal itu dapat diatasi dengan menggunakan cara ini.

Cara menggunakanya adalah;
  1. Sediakan jeruk nipis dan Madu.
  2. Potong dan peras jeruk nipis.
  3. Campurkan madu dan perasan jeruk nipis, aduk sampai kental.
  4. Oleskan  pada seluruh rambut, dan pijat dengan perlahan.
  5. Tunggu hingga merata, kira-kira 20-30 menit.
  6. Bersihkan menggunakan air, lalu keringkan.

Baca Juga>> Beberapa Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kangker dan Diabetes

Cara diatas sangatlah mudah dipraktekkan dan bahan-bahanyapun mmudah di dapat, jika Anda ingin menampilkan rambut yang maksimal, silahkan gunakan cara alami seperti cara diatas. Anda bisa menggunakan cara orang sekarang untuk menjaga rambut mereka yaitu dengan cara creambat.  
Adapun untuk perawatan rambut yang benar menggunakan jeruk nipis, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. berikut ulasanya;

  • Tidak diijinkan bagi kepala yang terluka, karena dapat menyebabkan iritasi kulit.
  • Anda bisa menggunaka jeruk nipis pada saat 30 menit setelah melakukan keramas, hal ini dilakukan karena pada saat itu kepala sudah siap untuk dilakukan pembersihan terhadap shampoo dan siap menerima nutrisi yang ada pada air jeruk nipis.
  • Karena kulit anak sangat sensitif, Anda hanya diperbolehkan menggunakannya pada anak diatas umur 5 tahun. Hal ini dilakuakan untuk menjaga kepala anak agar tidak mudah terkena iritasi atau yang lainnya.
  • Tidak diperkenankan memberikan air jeruk pada kulit kepala yang seharian terkena sinar ultravolet yang ada pada matahari. Tunggu hingga kulit kepala jadi adem, kurang lebih sekitar 45 menit. Hal ini dilakukan untuk adaptasi kulit kepala dari suhu satu ke yang lainya.
  • Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk masker dan pemijatan pada kulit kepal. Saat kulit kepala sedang dalam kondisi kurang nyaman, seperti; migran, kelelahan pada leher,  pegal otiot leher akibat posisi tidur yang kurang tepat. Namun Anda tidak bisa menggunakan pada orang dengan penyakit parah, seperti kangker, tumor dan lain-lain.

Itulah Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut Yang Sehat, jika Anda kurang dalam istirahat dan stres akibat rutinitas kerja yang Anda lakukan sehari-hari. Ada cara mengatasi hal tersebut, yaitu dengan cara memijat dengan menggunakan air jeruk nipis selama kurang lebih 25 menit. Setelah Anda selesai memija, bersihkan menggunakan air hangat. Hal itu akan mengurangi capek dan stres yang Anda alami. Ini terjadi karena efek nutrisi yang ada pada air jeruk telah melancarkan peredaran darah dan menyegarkan pembuluh darah disekitar kepala dan leher. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut Yang Indah"