Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Wajah Yang Benar dan Simple

Cuci Muka - Membersihkan wajah menjadi rutinitas yang harus dilakukan untuk mendapatkan wajah cantik dan sehat. Kegiatan ini tentunya harus Anda lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal. Jika wajah kotor terkena debu, make up, dan pori-pori kulit tersumbat. Hal ini akan menimbulkan jerawat muncul pada permukaan wajah.

Untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat, membersihkan wajah merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena jika Anda tidak mencuci muka, di khawatirkan kulit akan menjadi kusam dan tidak cerah. Mencuci muka tidak perlu Anda lakukan terlalu sering disetiap harinya. Anda cukup melakukanya minimal 2 kali sehari, yaitu pada waktu pagi dan malam.

Pagi hari setelah bangun tidur, kotoran yang menempel di seprei, sarung, bantal, guling maupun baju tidur akan menempel pada wajah Anda, untuk itu usahakan mencuci muka setelah Anda bangun tidur. Selain itu kotoran debu, polusi yang ikut menempel di wajah Anda setelah seharian beraktivitas dapat Anda bersihkan dengan membersihkan wajah pada waktu malam hari, setelah selesai beraktifitas.

Mungkin bagi orang Islam yang rajin sholat, hal itu cukup mudah dilakukan, karena pada pengaplikasianya, mereka sudah di anjurkan bersuci dahulu. Bahkan tidak cuma 2 kali pembersihan, tak tanggung-tanggung lima kali sehari mereka lakukan.

Meskipun hal itu mudah dilakukan, tidak semua orang tahu cara mencuci muka yang baik dan benar. Padahal hal sederhana tersebut mudah dilakukan dan efeknya luar biasa bagi kesehatan kulit, khususnya kulit wajah. Akibat dari hal tersebut wajah tidak menunjukkan kecerahanya.

cara membersihkan wajah yang benar

Dari masalah diatas, saya akan mencoba membantu Anda memberikan tips bagaimana cara membersihkan wajah yang benar. Agar wajah Anda mendapatkan kecerahan yang alami dan bersinar. Berikut merupakan cara membersihkan wajah yang baik dan benar :

Membersihkan Wajah Yang Baik dan Benar


1. Mencuci tangan

Meskipun tidak ada hubungan dengan wajah, namun cuci tangan merupakan hal dasar yang perlu Anda lakukan sebelum membersihkan wajah. Usahakan untuk mencuci tangan dahulu sebelum membersihkan wajah. Pakailah sabun sebagai media pembersih dari kuman yang menempel ditangan. Kotoran yang menempel ditangan akan terangkat oleh sabun pembersih yang Anda pakai.

2. Menggunakan air hangat

Jika Anda membersihkan wajah, usahakan menggunakan air hangat, karena air yang dingin tidak sepenuhnya dapat membersihkan wajah dari kotoran. Dari beberapa sumber, air dingin tidak dapat membuka pori-pori yang tersumbat karena debu kotoran yang menempel diwajah. Jika pori-pori tidak bisa dibuka, maka sabun pembersih yang Anda pakai tidak dapat membersihkan kotoran sampai kedalam wajah.
Baca juga>>   Sering Lihat Layar kaca HP Terlalu Lama, Berikut Bahaya Peggunaan smartphone Pada Anak

3. Membersihkan kotoran dan make up

Untuk mengangkat make up yang Anda gunakan sehari-hari susah-susah gampang dilakukan. Karena tidak semua sabun dapat mengangkat make up yang Anda pakai. Untuk itu pastikan dulu untuk membersihkan hasil make up yang Anda pakai. Kalau bisa Anda mencuci muka dengan air hangat.

4. Menggunakan sabun untuk wajah

Menggunakan pembersih muka merupakan hal yang wajar dilakukan bagi orang-orang yang sangat memikirkan penampilan. Namun tidak sembarang pembersih muka dapat Anda gunakan. Sebelum membeli sabun usahakan lihat terlebih dahulu kemasan yang tertera pada sabun, untuk mengetahui komposisi yang terkandung dalam sabun itu. Hal ini juga dapat membantu Anda mengetahui apakah sabun itu cocok dengan Anda atau tidak.

Ada cara tersendiri untuk menggunakan sabun pembersih wajah, cara ini mungkin dapat membantu Anda dalam membersihkan wajah menggunakan sabun. Yaitu;

  • Usapkan sabun keseluruh wajah dengan meninggalkan daerah mata.
  • Usapkan sabun kurang lebih 30 detik selama pembersihan
  • Gunakan cara memutar menggunakan ujung jari, untuk melindungi kulit dari goresan.

Keterangan
Untuk menggunakan sabun usahakan tidak menggunakan sabun terlalu lama, hal ini dilakukan agar tidak mengurangi efektifitas sabun pembersih dan menjadikan kulit menjadi kering.
Baca juga>>  Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dan Bahaya Jeruk Bagi Tubuh

5. Bilas sampai bersih

Untuk hasil yang maksimal pastikan sabun yang menempel pada wajah Anda terbilas dengan bersih. Hal ini dilakukan agar pori-pori yang sudah terbuka tidak tertutup kembali oleh zat yang terkandung dalam sabun.

6. Keringkan dengan handuk

Kotoran yang menempel pada handuk yang Anda pakai tiap hari akan terbawa ke wajah Anda, jika terlalu sering digunakan tanpa membersihkanya. Pastikan Anda menggunakan handuk yang bersih dan kering untuk hasil yang maksimal.

Itulah sedikit tips cara membersihkan wajah yang benar dan simple. Bersihkanlah wajah dengan benar jika ingin wajah Anda bersih dengan alami, syukur-syukur bisa menjadi putih bersih dengan cara alami. Sekian dan semoga bermanfaat.

Sumber : MSN, carakita
 

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Wajah Yang Benar dan Simple"