Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Kandungan Rokok Yang Berbahaya Bagi Tubuh

SerbaSehat95 - Hampir setiap hari kita menjumpai seseorang yang merokok, ntah itu di tempat kerja, tempat umum bahkan di institut pendidikan yang  ada di indonesia.

Di Indonesia sendiri penyebaran rokok ada di mana-mana, dari toko, warung sampai konter-konter penjual pulsa ada yang jual rokok.

Tak hanya orang dewasa, anak-anakpun sekarang tersorot sebagai penikmat barang berbahaya ini.
Anehnya sudah tahu rokok itu bahaya, tapi masih saja banyak yang merokok.

Menurut penelitian 51, 1 % rakyat Indonesia adalah perokok aktif dan merupakan yang tertiggi di ASEAN.

Hal ini sangat berbanding terbalik dengan negara tetangga seperti Cambojo dan Brunei Darussalam yang hanya menyentuh angka dibawah 1,5 persen perokok aktif.

Segala macam peringatan bahaya rokok sudah di ungkapkan, bahkan sampai-sampai menerangkanya di bungkus rokok, namun hal itu tak menjadi penghalang bagi para perokok untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk tersebut.

Macam-macam bahaya rokok yang dapat kalian ketahui berasal dari kombinasi sekitar 600 bahan kimia yang terkandung di dalam satu batang rokok.

Ketika dibakar, sebatang rokok dapat menghasilkan lebih dari 7.000 bahan kimia beracun yang masuk ke tubuh.

Mengerikan bukan?. Lalu, perlu kalian tahu juga bahan-bahan kimia Apa yang ada di dalam rokok agar dapat menghindarkan orang tersayang anda terkena bahaya dari rokok, terutama asapnya.
Baca Juga : 5 Cara Mudah Atasi Asap Rokok, Bagi Anda Perokok Pasif

 

Bahan-Bahan Kimia Yang Terkandung Dalam Rokok

Bahan Kimia Yang Terkandung Dalam Rokok


Di kutib dari wikipedia yang membahas tentang rokok ada 12 bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok. Berikut informasinya

1. Nikotin

Nikotin dapat membuat orang merasa rileks,  zat ini juga dapat membuat orang kecanduan.  Kandungan satu ini merupakan yang paling berbahaya, karena bisa meningkatkan tekanan darah, glukosa darah dan detak jantung.

2. Sianida

Zat kimia yang mengandung gugus siano, dengan atom karbon senyawa ini sangat berbahaya karena dapat membunuh orang secara perlahan, jika penggunaan melebhi batas takaran.

3. Benzene

Benzene lebih sering dikenal dengan nama bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar. Zat ini juga bersifat karsinogen untuk manusia, dan bisa merusak tulang sumsum, membahayakan organ reproduksi, serta menurunkan jumlah sel darah merah dalam darah Anda.

4. Acetaldehyde

Acetaldehyde diketahui sebagai karsinogen (zat penyebab kanker) pada binatang dan mungkin juga karsinogen pada manusia. Zat ini dapat menjadi penyebab iritasi pada kulit dan mata, serta saluran pernafasan.

5. Hidrogen sianida

Hidrogen sianida merupakan racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini sangat berbahaya karena di gunakan sebagai bahan pembuat plastik dan pestisida.

6. Polyaromatic

Polyaromatic sama halnya seperti Benzene, kandungan ini bisa memengaruhi alat reproduksi manusia. Kandungan lain dari zat ini adalah karsinogen dan DNA mutagen yang dapat memicu perubahan gen pada seseorang.

7. N-Nitrosamines

Kandungan N-nitrosamines dapat menyebabkan alat reproduksi rusak.  Selain itu kandungan ini juga merupakan karsinogen manusia.

8. Tar

Tar adalah zat kimia yang dihasilkan saat tembakau dibakar. Zat ini mengandung sebagian besar peneyebab kangker pada manusia.

9. Formaldehida

Zat ini sering di kenal sebagai formalin bahan pengawet, cairan ini sangat beracun yang digunakan untuk pengawet mayat.

10. 1,3-Butadiene

1,3 butadine tidak kalah buruk dengan bahan kimia lainya, karena ia mengandung zat yang dapat membuat cacat (teratogen) manusia. Zat ini bersifat karsinogen pada manusia, bisa mengiritasi mata dan telinga, dan mengiritasi saluran pernapasan bagian atas.

11. Acrolein

Acrolein  diketahui bersifat karsinogen untuk manusia, memiliki DNA mutagen. Zat ini dapat menyebabkan penyakit jantung, dan iritasi pada kulit serta saluran pernapasan.

12. Arsenic

Arsenik atau arsenikum  adalah unsur kimia dalam tabel periodik, zat ini adalah bahan metaloid yang terkenal beracun, yang sering digunakan untuk pembuatan racun tikus.

Itulah sebagian zat kimia yang ada pada rokok, mungkin masih banyak lagi kandungan beracun yang belum terungkap dalam rokok.

Untuk mengetahui penggunaan bahan kimia tersebut, perlu kita ketahui lebih dalam mengenai hal itu. Dikutib dari  Lung.org, banyak bahan kimia yang terkandung dalam rokok sebenarnya dipakai dalam beberapa produk yang kita pakai sehari-hari, contoh pengunaan barang seperti berikut:

  • Acetone: ditemukan cat kuku
  • Amonia:  ditemukan pembersih rumah
  • Arsenik: ditemukan pada racun tikus
  • Asam asetat: di temukan pada bahan cat rambut
  • Benzene: ditemukan di semen karet
  • Butane: ditemukan dalam cairan korek
  • Formaldehida: cairan pengawet
  • Hexamine: ditemukan di cairan korek barbekyu
  • Kadmium: komponen aktif dalam asam baterai
  • Karbon monoksida: tercipta dari asap knalpot
  • Lead: ditemukan dalam baterai
  • Methanol: komponen utama bahan bakar roket
  • Naphthalene: bahan dalam kapur barus
  • Nikotin: digunakan sebagai insektisida
  • Tar: ditemukan material untuk mengaspal jalan
  • Toluene: dipergunakan untuk bahan cat
Baca Juga : Kecanduan Rokok, 6 Makanan dan Minuman Pengganti Rokok Yang Baik Untuk Kesehatan
Bisa kalian bayangkan sendiri apa yang akan terjadi pada anda dan orang terkasih, apabila secara sadar maupun tak sadar memakai bahan-bahan berbahaya itu. Oleh sebab itu hidarkan rokok pada semua orang yang kalian kasihi agar tidak dapat terkena efek berbahaya rokok.

Itulah sedikit informasi tentang 12 Kandungan Rokok Yang Berbahaya Bagi Tubuh semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama orang yang anda cinta. Salam sehat untuk warga Indonesia!.

Sumber: Hellosehat.com

Posting Komentar untuk "12 Kandungan Rokok Yang Berbahaya Bagi Tubuh"