Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kopi hijau dan Dampak Bagi Tubuh

Manfaat Kopi hijau dan Dampak Bagi Tubuh - Kopi hijau merupakan buah kopi alami yang tidak di panggang. Perbedaan antara kopi hijau dan kopi hitam hanya terletak pada prosesnya. Jika kopi hijau tanpa panggangan sebaliknya kopi hitam menggunakan proses pemanggangan.

Baik kopi hitam maupun hijau, kedua kopi tersebut terbuat dari biji kopi biasa, yang membedakan cuma dalam proses pembuatanya.

Dalam proses pemanggangan biji kopi, asam klorogenat yang terkandung dalam biji kopi dapat berkurang, sehingga gizi yang diterima semakin sedikit. Sedangkan kopi hijau tanpa dipanggang asam klorogenat lebih tinggi di banding kopi yang panggang.

Dalam acara DR.Oz Indonesia, dipaparkan bahwa kopi hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat yang sering menjadi buah bibir orang adalah dapat menurunkan berat badan, yang sangat baik di konsumsi bagi orang yang sedang diet.

Dalam acara tersebut, di jelaskan bahwa biji kopi hijau dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga tambahan, selain itu jumlah kafein pada kopi hijau lebih sedikit dari pada kopi yang panggang.

Menurut Khaterin Zeransky, seorang pakar nutrisi menyatakan terdapat beberapa manfaat pada kafein yang mampu menurunkan berat badan dan membakar kalori melalui efek dari menurunya nafsu makan seseorang.

Terdapat juga manfaat lain dari mengkonsumsi kopi hitam seperti; untuk mengobati obesitas, diabetes, hipertensi, Alzheimer, dan infeksi bakteri dan lain-lain. Berikut uraian singkat tentang manfaat kopi dan resikonya pada tubuh manusia.


Manfaat Minum Kopi Hijau Dan Dampaknya Bagi Tubuh


Sebelumnya sudah diberitahukan sedikit tentang manfaat konsumsi kopi hijau, untuk itu perlu kita ketahui juga info lengkapnya.

Manfaat minum kopi hijau


 1. Menurunkan berat badan
 
Dari sebuah penelitian di BMC Complementary and Alternative Medicine, konsumsi suplemen ekstrak biji kopi hijau perhari dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan.

Pada penelitian tersebut kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama sebagai media  penurun berat badan tubuh. Biji kopi yang mengandung asam klorogenat jika belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia.

2. Menurunkan darah tinggi
 
Selain untuk menurunkan berat badan, fungsi lain dari ekstra kopi hijau yang mengandung asam klorogenat dapat mengurangi tekanan darah pada tubuh.

Dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Clinical and Experimental Hypertension pada tahun 2006, menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah. Luarbiasanya selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan pasien, sehingga minuman ini dapat kita sebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi pada tubuh manusia.

3. Merupakan antioksidan
 
Biji kopi hijau mengandung beberapa zat antioksidan, zat ini dapat mengurangi efek radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh manusia.

Fungsi pencegahan ini membuat tubuh lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel tubuh.

Dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada bulan Juli 2004. Asam klorogenat dan antioksidan dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker pada organ tubuh manusia.

4. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif
 
Efek kafein yang terdapat dalam kopi hijau memiliki dampak positif pada suasana hati dan juga pada aktivitas otak.

Dari penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Buletin pada bulan Februari 2008, beberapa studi telah mengkonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja kognitif  seperti; reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lainya.

Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau sekitar ⅓ cangkir bubuk kopi untuk empat cangkir kopi seduh.

Itulah beberapa efek positif dari kopi hijau bagi tubuh manusia yang bisa kita ambil manfaatnya. Namun perlu disadari bahwa tidak hanya efek positif saja yang di terima tubuh dari kopi hijau, ada juga efek negatif yang kita dapat dari konsumsi kopi hijau yang berlebihan.


Efek samping kopi hijau

Untuk mengkonsusi kopi hijau perlu aturan khusus untuk meminum kopi ini. Bila kopi hijau diminum dengan dosis yang tepat yaitu maksimal 480 mg/hari mungkin aman.

Ada juga ekstrak kopi hijau tertentu, yang aman digunakan maksimal 200 mg 5x sehari dalam 12 minggu.

Penting untuk diperhatikan, pada dasarnya kopi hijau juga mengandung kafein mirip seperti kopi biasa. Oleh sebab itu, kopi ini juga menyebabkan efek samping terkait dengan kafein yang ada pada kopi pada umumnya.

Seperti yang kita ketahui, kafein dapat menyebabkan meningkatnya detak jantung, gugup dan gelisah, sakit perut, mual dan muntah, insomnia, dan efek samping lainnya.

Konsumsi sejumlah besar kopi juga dapat menyebabkan detak jantung tak teratur, sakit kepala, kecemasan, gelisah, dan telinga berdenging.

Selain itu, konsumsi kopi dengan takaran tertentu juga memerlukan kewaspadaan dan peringatan khusus, kalau kita menderita penyakit atau kondisi tertentu yang diperkirakan dapat memperburuk kondisi tersebut, seperti pada penderita:

  • Diare
  • Diabetes
  • Sindrom iritasi usus
  • Tingkat homosistein yang tinggi
  • Glaukoma
  • Kolesterol tinggi
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan perdarahan
  • Osteoporosis

Adapun efek samping lainya adalah asam lambung meningkat dan menyebabkan gangguan  mata.

Asam lambung yang meningkat terjadi karena beberapa zat yang berfungsi mengurangi penyerapan kabohidrat dipencernaan usus besar yang harusnya baik untuk tubuh, jika di konsumsi penderita asam lambung akan berakibat fatal.

Sedangkan kopi hijau dapat menyebabkan gangguan mata karena efek kafein yang ada pada kopi hijau dan kopi biasa hampir sama. Jika di konsumsi secara berlebihan  di khawatirkan dapat mengganggu kesehatan mata manusia.

Berikut merupakan tipe orang yang tidak di anjurkan untuk meminum kopi hijau, karena dampak negatif yang akan datang padanya;

  • Ibu hamil dan menyusui
  • Anak di bawah 2 tahun
  • Penderita gangguan usus
  • Penderita osteoporosis dan lain-lain.

Memang cita rasa kopi pada umumnya dibutuhkan untuk merasakan hidup, bahwa hidup sesungguhnya tidak hanya manis seperti gula. Namun ada kalanya pait seperti kopi juga.

Begitu banyak manfaat kopi hijau dan efek negatifnya bagi tubuh. Kopi hijau bila di konsumsi dengan takaran yang pas akan sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga tak baik jika diminum berlebihan.

Oleh sebab itu pilihan ada di tangan anda sekarang, mau bertahan dengan kopi hitam biasa, atau beralih ke kopi hijau dengan segala manfaat dan efek negatif lainya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kopi hijau dan Dampak Bagi Tubuh"