Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Berhenti Merokok dengan Olahraga

SerbaSehat95 - Membuang kebiasaan lama yang kurang bermanfaat dengan aktivitas baru yang lebih bermanfaat itu memang susah. Pasalnya kebiasaan itu kalau sudah dilakukan mengakar sangat sulit untuk di hentikan. 

Seperti kebiasaan merokok, mungkin anda sudah mencoba berbagai cara untuk menghentikan aktivitas ini, namun apa daya, hasil yang didapat belum membuahkan hasil yang maksimal.

Jangan menyerah, karena ada beberapa cara yang anda bisa lakukan untuk menghentikan kebiasaan ini, seperti meminum air putih, mengganti rokok dengan makanan dan minuman yang sehat, atau dengan cara yang sederhana, yaitu dengan berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membatu mengurangi kegiatan merokok anda secara berkala. 

Perlu anda ketahui, pada dasarnya olahraga memang baik untuk kesehatan, tapi ada cara tertentu yang bisa dilakukan agar cara ini dapat berhasil. 

Program yang baik serta praktek kegiatan yang teratur akan berdampak pada keberhasilan suatu usaha. Misalnya; apa saja yang perlu dilakukan untuk menghentikan kegiatan merokok.

 

Cara Menghentikan Merokok Dengan Berolahraga

Menghentikan Merokok Dengan Berolahraga
Dampak Rokok

Menurut Dr. Alexis Balley, dosen senior neurofarmalogi Universitas George di Londong Inggris, olahraga dapat membantu tubuh untuk beradaptasi dengan kondisi baru.  Merokok adalah sebuah ketergantungan yang membuat tubuh manusia membutuhkan nikotin secara teratur untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Penelitian Dr. Alexis menunjukkan bahwa olahraga bisa mengurangi ketergantungan nikotin pada manusia. Hal ini terjadi karena olahraga rutin mampu mencegah berbagai efek menghentikan merokok, yang biasanya muncul ketika perokok aktif mau berhenti melakukan kegiatan ini.

Tak hanya itu ternyata olahraga dapat memberi dampak positif lain bagi tubuh, misalnya;

  • Menahan rasa ingin merokok
  • Membatasi kenaikan berat badan
  • Menekan rasa lapar
  • Mengurangi stres. dll 

Itulah sedikit manfaat dari berolahraga bagi perokok aktif yang mau meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. 

Agar tubuh dapat menerima perubahan pola hidup dari hal negatif ke positif, perlu adanya manajemen kegiatan yang baik untuk aplikasinya. Oleh sebab itu perlu anda ketahui tips untuk memulai olahraga untuk menghilangkan kebiasaan merokok, agar tubuh dapat menerima dan menjalankanya.

 

Tips mulai olahraga untuk berhenti merokok

Tips mulai olahraga untuk berhenti merokok
Joging

Untuk mendapatkan hasil dari pemberhentian merokok dengan olahraga, anda dapat mengikuti kiat-kiat berikut untuk mulai olahraga;.

  • Sisihkan sedikit waktu untuk berolahraga, carilah waktu yang cocok dan membuat anda nyaman untuk melakukan olahraga. Kalau bisa pada pagi atau sore hari, saat anda santai.
  • Lakukan Olahraga setidaknya 30 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang perhari.
  • Jadikan olahraga sebagai prioritas utama setiap hari, dan sisipkan di jadwal anda. Jika anda tidak dapat menyisihkan waktu selama 30 menit yang disarankan, Anda dapat berolahraga selama 10 menit setiap hari, dengan catatan tetap konsisten setiap harinya.
  • Pilihlah olahraga yang anda suka. Misalnya lari, bersepeda, berenang, yoga, atau lainnya. Tenang saja, hampir semua jenis olahraga akan membantu upaya anda berhenti merokok
    Mulai berolahraga dengan pelan-pelan agar tubuh tidak kaget pada saat menjalankan, baru kemudian tambah intensitas atau waktu olahraga sesuai kebutuhan.
  • Anda dapat mengikuti kelas olahraga agar jadwal olahraga tetap teratur dan rutin.
    Anda juga dapat mengajak keluarga, sahabat, atau pasangan untuk berolahraga bersama supaya dapat tetap termotivasi dan tidak cepat bosan.
  • Bila anda bingung harus mulai dari mana, anda bisa mencoba jalan kaki. Berjalan-jalan saat makan siang atau setelah makan malam. Hal itu bisa menjadi pilihan waktu olahraga yang tepat.
  • Selain itu, melakukan pekerjaan rumah bisa menjadi pilihan olahraga yang mudah. Anda bisa mengepel, menyapu rumah atau berkebun di halaman rumah untuk melupakan aktivitas merokok. Itu juga dapat membantu pekerjaan rumah istri lho.

Sumber: Hallosehat.com

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Berhenti Merokok dengan Olahraga"