Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kopi Hijau Untuk Orang yang Sedang Diet

Kopi Hijau Untuk Diet – Banyak sekali tanaman yang dapat diolah menjadi makanan dan minuman untuk membantu program diet seseorang. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui macam- macam kopi seperti kopi robusta, arabika dan kopi-kopi lainya. Namun pernahkan anda mengenal dan mendengar kopi hijau?.

Kopi hijau merupakan kopi yang sama saja dengan kopi lainya, cuma perbedaan dengan kopi ini dengan kopi-kopi lainya adalah kopi hijau dibuat tanpa proses pemanggangan. Kopi ini mulai merebak sejak muncul klaim yang menyatakan bahwa, kandungan kopi hijau mampu menurunkan berat badan.

Proses pembuatan kopi hijau diawali dengan biji kopi yang terlihat kemerahan pada kulinya di ambil, lalu dikeringkan sampai biji kopi berwarna hijau, dari situlah istilah nama kopi hijau digunakan.

Umumnya kopi hijau yang di gunakan untuk diet dikemas dalam bentuk ekstrak atau suplemen agar memudahkan orang seseorang untuk menkonsumsinya. Kandungan kafein  pada kopi hijau lebih rendah dari pada kopi biasa, karena memang proses pemanggangan kopi yang membedakan jumlah kafein yang terdapat pada kopi.

Biji kopi hijau mengandung asam klorogenat dan polifenol sama seperti teh hijau dan ekstra biji anggur, asam klorogenat berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Selain itu kopi hijau juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas pada tubuh manusia.

Sebelum konsumsi kopi ini, perlu anda ketahui manfaat dan resiko konsumsi kopi hijau sebagai alternativ pertimbangan konsumsi kopi ini secara berkala.

Efek Samping dan Resiko Konsumsi Kopi Hijau Untuk Diet


Dilansir dari webmd dikatakan bahwa setelah peserta konsumsi ekstrak biji kopi hijau, berat badan mereka berkurang sekitar 1 kilogram. Meskipun demikian asam klorogenat yang ada pada kopi bukan menjamin bebas dari bahaya, jika asam ini di konsumsi secara berlebihan senyawa biologi ini dapat menimbulkan masalah yang dikenal dengan sebutan hiperhomocysteine yang berbahaya bagi tubuh.

Hiperhomocysteine adalah sejenis senyawa asam amino dalam tubuh yang menjadi salah satu elemen dalam darah, ketika jumlahnya terlalu tinggi maka sifat darah akan cenderung merusak  arteri dengan membentuk jaringan kapur pada pembulu darah, yang mengakibatkan darah menggummpal dan beresiko masalah jantung dan stroke.

Selain itu, sama halnya dengan kopi biasa, kopi hijau juga mengandung kafein. Ada beberapa efek samping yang di terima pengguna jika terlalu sering konsumsi minuman ini, seperti; sakit kepala, gangguan pencernaan, sulit tidur, jantung berdebar-debar dan sering buang air kecil.

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi hijau tidak baik jika di konsumsi oleh penderita gangguan kecemasan, gangguan kecemasan, osteoporosis, diabetes, glaukoma, gangguan pencernaan, atau gangguan pendarahan dan tekanan darah tinggi.

Jadi anda bisa menerka-nerka sendiri, apa kopi hijau dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, serta layak di konsumsi tubuh seseorang atau tidak.

Sebenarnya jika anda konsumsi dengan takaran yang tidak berlebihan kopi ini dapat di konsumsi dengan aman. Tentunya saran dari dokter juga di perlukan dalam hal ini, karena anda tidak tahu apa tubuh dapat menerimanya atau tidak.

Konsumsi kopi hijau untuk diet mungkin dapat membantu penurunan berat badan seseorang, namun alangkah baiknya jika di imbangi dengan pola makan yang sehat dan teratur serta olahraga yang cukup. Karena para ahli sepakat bahwa belum ada cara menurunkan berat badan yang lebih efektif dan aman dari pada pengaturan pola makan dan olahraga rutin.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kopi Hijau Untuk Orang yang Sedang Diet"