Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Air Putih Bagi Perokok Aktif

SerbaSehat95 - Rokok sudah menyebar diberbagai negara, baik di negara maju maupun berkembang. Rokok mengandung zat adiktif yaitu nikotin, zat yang sangat berbahaya bila secara berlebihan masuk dalam tubuh manusia.

Kandungan nikotin pada sebatang rokok dapat membuat darah menjadi lebih kental. Oleh sebab itu, oksigen, nutrisi dan  mineral yang disebarkan melalui darah tidak bisa diserap dengan optimal oleh tubuh. 

Hal itu mengakibatkan peradangan pada organ luar maupun dalam tubuh jadi semakin lebih lama untuk disembuhkan.

Selain itu, ketika nikotin, karbon monoksida serta racun lainya masuk ke dalam paru-paru dan diserap oleh darah, di dalam aliran darah racun tersebut lalu mengalir ke seluruh tubuh.

Ini akan menyebabkan racun terakumulasi dalam darah dan dapat membahayakan kesehatan tubuh si pengguna. Kalau hal ini dibiarkan akan berakibat fatal bagi orang tersebut.

Ada cara sederhana untuk menangani hal tersebut yaitu dengan minum air putih yang cukup.  

Dengan minum banyak air putih, tubuh akan lebih mudah untuk membersihkan racun dan bahan kimia lain yang sudah menumpuk di dalam organ dalam tubuh manusia.

Belum ada takaran pasti berapa banyak kebutuhan air untuk para perokok aktif. Namun, usahakan minum air putih 6-12 gelas/hari, untuk membantu melancarkan proses sterilisasi zat kimia dan mengeluarkan dari dalam tubuh.

Selain itu, minum air putih bagi perokok aktif juga berguna untuk mengganti rokok yang anda hisap. hal ini dilakukan untuk anda yang benar-benar ingin keluar dari aktivitas buruk ini. 

Anda juga bisa mengganti rokok dengan makanan yang sehat seperti makanan dan minuman pengganti rokok yang berguna bagi tubuh.

Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, air dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang sering datang seperti; batuk, nafsu makan tinggi, sembelit, serta rasa ingin merokok kembali (orang jawa bilang sih lidah pait kalau gak di uduti).


Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Air putih memang sangat bermanfaat bagi tubuh, selain dapat melancarkan proses penyerapan makanan dalam tubuh, air juga dapat mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga proses pernafasan akan terus stabil.

Seperti yang kita ketahui, 2/3 bagian tubuh terdiri dari air. Tanpa adanya air, tubuh tidak dapat menjaga suhu normal, melumasi sendi, atau membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh melalui keringat, urin dan BAB (buang air besar).

Oleh sebab itu, minum air putih sangat penting untuk menjalankan berbagai fungsi organ dalam maupun luar tubuh. 

Tubuh manusia memerlukan air untuk melakukan proses pencernaan makanan,  penyerapan makanan untuk energi, sirkulasi darah, memproduksi cairan air ludah, serta menjaga kulit agar tetap indah. Berikut merupakan cara memutihkan kulit tubuh secara alami.

Konsumsi air putih yang cukup juga membantu tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tubuh yang kekurangan air akan menyebabkan otot melemas, kram, tidak fokus, dan meningkatkan risiko kelelahan karena panakels.

Otak juga membutuhkan banyak oksigen yang bisa anda dapat dari minum air, untuk menjaga otak agar dapat berfungsi dengan baik. 

Tak hanya itu minum air putih juga dapat memastikan otak memperoleh asupan oksigen yang cukup. Karena air merupakan sumber oksigen terbesar untuk otak.

Selain itu, minum air putih dalam jumlah cukup dapat mendukung kinerja ginjal dan hati yang memiliki fungsi untuk menghilangkan zat beracun, limbah, dan garam yang ada di dalam darah yang bersarang di tubuh.

Dikutip dari Doktersehat, berikut merupakan 10 manfaat yang anda terima dari konsumsi banyak air bagi tubuh.
  1. Melumasi sendi.
  2. Membentuk ludah dan lendir.
  3. Memberikan oksigen.
  4. Meningkatkan kesehatan.
  5. Sebagai bantal otak, sum-sum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainya.
  6. Mengatur suhu tubuh.
  7. Melancarkan sistem pencernaan.
  8. Membersihkan sisa-sisa tubuh.
  9. Menjaga tekanan darah.
  10. Melancarkan saluran udara.

Mengesankan bukan?. Itulah manfaat konsumsi air bagi perokok yang dapat anda rasakan pada tubuh.  Mulai sekarang buatlah tubuh anda bekerja dengan semaksimal mungkin dengan cara mengkonsumsi air dengan cukup, dan terhindar dari zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya bagikan tentang "Manfaat Air Putih Bagi  Perokok Aktif", meskipun hanya air mineral namun, manfaat air putih sangat besar bagi tubuh manusia, oleh sebab itu minumlah air setiap hari untuk kesehatn tubuh anda.

Posting Komentar untuk "Manfaat Air Putih Bagi Perokok Aktif"