Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Rambut Smooting Agar Tetap Lurus dan Tahan Lama

SerbaSehat95 - Sebagian wanita mungkin sudah tidak asing dengan smoothing rambut. Metode meluruskan rambut dengan alat dan bahan kimia yang saat ini sering dilakukan para wanita di kalangan masyarakat.

Mungkin anda pernah melakukan smoothing rambut?. Kalau benar mungkin artikel ini akan sedikit membantu anda dalam merawat smoting yang baik untuk rambut anda.

Melakukan smoothing adalah salah satu cara yang tepat bagi pemilik rambut keriting atau mengembang, yang ingin mengubah rambutnya menjadi lurus.

Akan tetapi jika proses ini dilakukan kurang tepat, akan membuat rambut mudah rusak. Hal ini sering terjadi, di sebabkan karena alat dan obat kimia yang digunakan, serta panas dari alat yang dialirkan ke rambut menjadikan batang dan akar rambut menjadi rapuh.

Oleh sebab itu, ada beberapa tips merawat rambut smooting yang perlu dilakukan, agar smooting rambut anda kuat dan tahan lama.

Hal yang perlu anda lakukan cukup mudah, mulai dari keramas, serum, vitamin, masker rambut dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang ingin tau lebih lengkapnya, silahkan anda membacanya di bawah ini.

Tips Merawat Ranbut Smooting Agar Tetap Lurus

Hindar terlalu sering keramas rambut

Pada saat menjalani program smoothing, sebaiknya anda tidak berkeramas terlalu sering. Anda bisa melakukan keramas cukup dengan dua kali seminggu.

Pasalnya jika tanda terlalu sering keramas, hal tersebut dapat membuat rambut yang tadinya  lurus akan kembali ke seperti semula. Selain itu, penggunaan sampo yang terlalu sering akan menyebabkan rambut kering dan rusak.

Lha, kok bisa sis kan rambutnya malah terawat jika di kasih shampo setiap hari?.

Memang penggunaan sampo baik untuk rambut. Namun jika dilakukan setiap hari atau setiap kita mandi hal itu justru akan berbahaya bagi rambut. Karena zat kimia yang ada pada saat smooting akan menumpuk pada rambut dan membuat rambut menjadi rapuh. Oleh sebab itu lakukan keramas cukup dua kali dalam seminggu.

Selain hal tersebut, perlu anda tahu memilih sampo yang ditujukan untuk rambut smoothing.

Biasanya dalam sampo mengandung bahan hydropolyzrd soy yang mampu menutrisi rambut agar tetap sehat dan terawat.

Meakukan co-washing conditioner only washing agar rambut lembut

Bagi anda yang memiliki rambut sering berminyak dan tidak tahan jika keramas hanya dua kali dalam seminggu.

Anda bisa mencoba metode CO-washing alias Conditioner Only washing.

Cara ini adalah mencuci rambut hanya dengan conditioner ringan.
Dengan cara ini anda dapat melembapkan rambut sehingga rambut anda akan terjaga tanpa perlu menggunakan sampo.

Cara ini dapat anda lakukan setiap hari. Penggunaanyapun cukup mudah, anda tinggal mengoleskan conditioner pada rambut basah.

Perlu diingat, jangan sampai conditioner melekat pada kulit kepala. Karena hal itu dapat berdampak pada kulit.

Gunakan conditioner sekitar 6 cm dari kulit kepala, dan diratakan hingga ujung rambut. Tunggu selama beberapa menit sebelum anda dibilas.

Manfaat melakukan co-washing conditioner only washing adalah untuk menjaga rambut agar tetap halus dan lembut.

Menggunakan Dry Shampoo

Penggunaan Dry shanpoo bisa menjadi alternatif keramas tanpa air, cara ini cocok untuk orang yang menjalani program smoothing.

Dry shampoo adalah sampo kering yang digunakan tanpa perlu membilas rambut anda. Produk ini umumnya berupa semprotan dan sangat mudah digunakan.

Dengan menggunakan cara ini, rambut anda akan otomatis lebih segar dan wangi. Batang rambut tidak akan lagi lepek karena minyak di kulit kepala anda.

Saat menggunakan produk dry shampoo sebaiknya anda tidak menyisir rambut terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar produk benar-benar menyerap di rambut.

Melakukan Deep Conditioning

Melakukan deep conditioning merupakan salah satu program merawat rambut agar hasil smooting tidak berantakan. Cara ini banyak dilakukan wanita milenial lh!!!.

Sebelum menggunakan deep conditioning alangkah baiknya anda memilih conditioner yang khusus bagi rambut yang di smooting.

Perawatan rambut satu ini dilakukan dengan cara mengaplikasikan conditioner yang berbentuk krim, yang mengandung pelembap dan protein ringan untuk membuat rambut tidak kering dan lusuh.

Deep conditioning dapat membantu mempertahankan keutuhan rambut dari smooting,  hal tersebut mampu menahan manipulasi dan penataan rambut yang anda lakukan setiap hari.

Cara kerja deep conditioning dilakukan dengan mendiamkan conditioner selama sekitar 20 hingga 45 menit, setelah pemakaian.

Anda juga dapat menggunakan topi mandi atau plastik agar lebih meresap pada rambut.

Menggunakan vitamin dan serum agar rambut kuat

Salah satu perawatan yang tidak boleh dilewatkan bagi orang yang  melakukan smoothing adalah menggunakan serum dan vitamin pada rambut.

Rambut yang mengalami proses pelurusan akan rentan  rusak dan mudah kering.

Conditioner saja tidak cukup untuk membuat rambut anda tetap sehat dan kuat. Maka dari itu, anda wajib menggunakan vitamin dan serum.

Penggunaan serum umumnya diaplikasikan pada kulit kepala agar akar rambut tidak rentan rusak dan rontok. Masalah rambut rontok ini yang paling sering dialami oleh orang yang melakukan smoothing rambut.

Selain itu, vitamin yang anda gunakan pada proses smooting akan membuat helai rambut lebih kuat, dan tidak mudah patah.

Menggunakan masker rambut seminggu sekali

Anda juga bisa menggunakan masker rambut sebagai perawatan yang cukup penting bagi pengguna smooting.

Penggunaan masker rambut dilakukan karena rambut mudah rontok karena proses smooting dan masker rambut dapat mempertahankan kekuatan akar rambut.

Di toko-toko banyak beredar produk masker rambut yang ampuh mengatasi banyak masalah pada rambut, seperti; kasar, rontok, berketombe, kering dan lain-lain.

Hindari hair dryer atau alat-alat styling yang panas

Setelah anda melakukan smoothing, sebaiknya hindari penggunaan alat pengering rambut seperti hair dryer.

Jika anda ingin mengeringkan rambut, coba gunakan diffuser sebagai alat pengering rambut.

Diffuser dapat membantu  anda  menstabilkan angin yang keluar agar  tidak terlalu kencang dan panas.

Jika anda menggunakan catokan sebagai alat pengering lain, saya saranin jangan, karena penggunaan cetokan juga kurang bagus bagi rambut yang di smooting.

Jangan sering mengikat rambut

Mungkin banyak yang mengikat rambut pada saat proses smoothing?. Saya saranin  sebaiknya jangan diikat terlalu lama. Karena mengikat rambut hanya akan membuat rambut terbentuk kembali menjadi bergelombang dan  mengembang.

Usahakan untuk membiarkan rambut tetap terurai agar rambut tetap lurus tahan lama.

Hindari mewarnai rambut dalam waktu dekat

Pada saat smoothing, rambut sudah menggunakan banyak sekali bahan kimia yang diterima.

Oleh sebab itu, jika anda berencana untuk mewarnai rambut, sebaiknya anda tunda terlebih dahulu, sampai rambut dapat menerima kempali zat kimia lain.

Jika anda tetap mewarnainya, di khawatirkan rambut akan mudah rapuh dan bercabang.

Anda dapat menunggu sekitar 3 hingga 4 bulan untuk mewarnai rambut setelah proses smoothing di lakukan.

anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk membuat rambut lebih indah.

Jangan gunakan sisir plastik dan rapat

Pada saat proses smooting di sarankan untuk menggunakan sisir yang bukan terbuat dari plastik dan tidak terlalu rapat.

Menggunakan sisir plastik hanya akan membuat rambut kembali seperti semula,  lantaran efek arus listrik yang ada pada sisir.

Selain itu, anda sebaiknya menggunakan sisir yang bergigi lebar, untuk  menghindari kerontokan pada saat menyisir rambut.

Itulah beberapa Tipa Merawat Rambut Smooting Agar Tetap Lurus dan Tahan Lama. Sebaiknya anda juga menghindari hal yang tidak diperbolehkan pada saat proses smooting. Karena hal tersebut akan membuat rambut anda kembali seperti semula dan proses smooting anda sia-sia.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Rambut Smooting Agar Tetap Lurus dan Tahan Lama"