Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

SerbaSehat95 – Kesehatan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam hidup manusia. Tak hayal banyak orang-orang yang ingin cepat sehat di kala ia sedang dalam keadaan sakit.

Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri dari suatu sistem yang kompleks yang melibatkan jaringan, sel dan organ tubuh untuk saling bekerja sama, agar menjadikan tubuh tetap sehat.

Seperti yang kita ketahui, sistem kekebalan tubuh berfungsi melindungi dan menjaga kesehatan dari segala macam penyakit yang datang. Untuk itu, kita perlu mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap optimal.

Apabila sistem kekebalan tubuh menurun, berbagai macam penyakit dapat menyerang tubuh kita. Misalnya pada saat musim hujan, banyak orang akan terkena demam, flu, batuk.

Oleh sebab itu kita perlu menjaga tubuh kita dengan semaksimal mungkin. Agar tetap prima setiap harinya.

Bukan cuma masalah musim, terdapat macam-macam hal yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga tubuh mudah terserang banyak penyakit. Mau tahu lebih lanjut, silahkan di simak ya!!!.

 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh Manusia


Kurang waktu beristirahat

Istirahat merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting bagi tubuh. Selain mengatasi rasa lelah, tidur juga dapat dan mengistirahatkan otak dari aktifitas sehari-hari.

Istirahat ternyata memiliki manfaat tidak terduga lho!!!. Seperti mengusir rasa lelah ditubuh dan membuat seseorang lebih cepat belajar bahasa asing.

Perlu kita ketahui ketika waktu tidur mengurang, maka kekebalan sistem kekebalan tubuh juga dapat menurun.

Seseorang yang kurang dalam istirahat, ia akan memiliki parameter kekebalan tubuh yang lebih rendah dari orang lain. Penyakit seperti; gangguan mood dan  malas akan dapat menyerangnya.

Selain itu kurangnya tubuh dalam beristirahat juga dapat meningkatkan pemicu stres  di karena daya tahan tubuh menurun.

Berdiam dalam posisi duduk terlalu lama

Hayo, Siapa di antara sobat yang memiliki aktivitas kurang aktif?.  Seseorang yang jarang beraktifitas ternyata dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun lho.

Dalam sebua studi yang diterbitkan di American Journal of Preventive Mediciene, terlalu banyak duduk tanpa meakukan olahraga setiap hari dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk beraktivitas.

Tak hanya itu hal ini juga akan berakibat pada infeksi pada saluran pernafasan.

Selain itu, dari penelitian British Journal of Sports Medicine menyebutkan, infeksi saluran pernapasan akan berlangsung lebih lama sekitar 42%, pada orang yang berolahraga seminggu sekali dibandingkan yang melakukannya 5 kali dalam seminggu.

Kita cukup berolahraga sekitar 30 menit dalam sehari untuk membuat tubuh kita tetap sehat. Kalau anda ingin menonjolkan sebagian otot, misalnya dada anda bisa melakukanya dengan cara sederhana seperti cara sederhana untuk membentuk dada hanya dengan push up.

Acuh pada kebersihan diri sendiri

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan seseorang adalah mengabaikan kebersihan diri.

Kita pasti sulit untuk  menjaga kebersihan diri sendiri, apalagi kalau sudah libur. Kadang kalau sedang libur mandi cuma 1 hari sekali karena memang tak ada aktifitas.

Namun hal itulah yang perlu kita hindari, ada cara sederhana yang mungkin bisa anda lakukan untuk tetap sehat tanpa mandi setiap hari yaitu cara membersihkan diri dengan alami.

Itu kalau kita berada di rumah. Nah, jika kita sedang berada di tempat umum kita juga perlu untuk menjaga kebersihan juga lho.

Misalnya di toilet, jangan pernah lupa untuk mencuci tangan setelah kita poop atau kencing di toilet.

Karena kebersihan sangat diutamakan, untuk tetap menjaga kebersihan tangan saat berada di luar, kita dapat membawa tisu basah atau hand sanitizer.

Kedua benda tersebut dapat anda manfaatkan untuk membersihkan dudukan toilet umum, agar tetap steril dan bersih.

Alkohol Sebabkan Imunitas Menurun

Minuman alkohol sudah menjadi gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan bagi sebagian orang.

Bagi penikmat alkohol, anda perlu waspada. Pasalnya, kebiasaan mengonsumsi minuman ini dalam jangka panjang dapat mengurangi fungsi sel darah putih yang bertugas melawan infeksi dan bakteri.

Alkohol juga menghambat pembentukan sel darah merah dan putih baru. Fungsi sel ini sendiri  untuk meregenerasi sel-sel yang mati.

Selain itu, minuman yang satu ini juga berkontribusi terhadap kerusakan organ-organ dalam jangka panjang. Ngeri juga ya guys. Jadi anda sebaiknya mengurangi alkohol mulai dari sekarang oke.

Stres dapat mempengaruhi kekebalan tubuh seseorang

Pernah mengalami tubuh sakit-sakitan karena stress?. Perlu kita ketahui bahwa stres dapat menggiring otak memproduksi hormon kortisol.

Hal ini  mengganggu fungsi sel T dalam melawan infeksi. Tidak heran jika  terlalu stress juga akan berpengaruh pada kondisi tubuh kita.

Oleh sebab itu,  anda bisa menjaga pikiran anda agar tubuh juga tetap sehat. Anda bisa mecoba hal-hal yang menyenangkan agar tubuh tetap rileks.

Anda bisa menghilangkan stress yang sedang anda alami dengan berbagai cara seperti liburan, jalan-jalan, shopping, main game dan lain lain. hal ini menjaga pikiran anda tetap tenang dan stabil.

Selain itu, refresing juga dapat membuat wajah kita tetap cantik alami lho. Jika sobat penasaran bagaimana caranya berikut tips merawat wajah agar tetap alami.

Merokok dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun

Mungkin banyak sudah mengetahui bahwa asap rokok memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh. Salah satunya adalah menderita jantung, kanker paru-paru, serta gangguan kehamilan.

Apalagi sekarang sudah ada rokok elektrik, yang asapnya sangat banyak. Hal itu sangat menganggu baik diri sendiri maupun orang disekitarnya.

Perlu kita ketahui, ternyata merokok juga dapat  menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Jika anda pecandu rokok dan merasa sering sakit di bagian dalam tubuh, jangan bertanya-tanya lagi apa penyebabnya, ya.

Ini lah yang menyebabkan rokok sangat berbahaya, yaitu kandungan nikotin di dalam rokok dapat meningkatkan produksi hormon korsitol dan mengurangi pembentukan antibodi sel B serta respon sel T dalam melawan infeksi tubuh.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi yang perokok biasa, tetap juga perokok elektrik atau vape dan semua yang mengandung nikotindalam kandunganya.

Kesepian dan kesedihan akan menurunkan imun tubuh

Bagi anda yang hobi menyendiri, perasaan sedih dan kesepian bisa merusak sistem kekebalan tubuh, lho.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Neuroimmunology, peningkatan kecemasan, karena kesepian menyebabkan tekanan pada sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kerusakan oleh radikal bebas.

Perasaan sedih karena kehilangan orang-orang terkasih, atau karena kehilangan sesuatu yang berharga akan meningkatkan respon kortisol. Hal ini dapat menyebabkan ketidak seimbangan kekebalan tubuh manusia.

Banyak resiko yang terjadi akibat terjangkit infeksi virus ini, seperti demam, stress, dan flu menjadi meningkat.

Kurang makan buah-buahan dan sayur

Pola makan yang tidak karuan juga jadi salah satu penyebab kekebalan tubuh seseorang menjadi menurun.

Dikutib dari The American Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan bergizi sangat penting untuk mempertahankan sistem imun tubuh.

Bagi anda yang sering menkonsumsi makanan cepat saji, sebaiknya kurang-kurangi mulai sekarang karena makanan cepat saji yang mengandung lemak jenuh dapat mengganggu daya tahan tubuh.

Oleh sebab itu, kita harus mengkonsumsi makanan dengan berat gizi yang cukup bila perlu menambah konsumsi sayuran dan buah unuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Buah dan sayuran sendiri kaya akan vitamin C dan E seperti pisang, jeruk, apel, anggur merah, bawang, bayam dan lainnya.

Untuk menambah vitamin C sendiri anda bisa memanfaatkan jeruk, karena buah jeruk kaya akan vitamin C dan vitamin lainya, yang baik untuk tubuh.

Terlalu banyak konsumsi makanan manis

Bagi anda yang suka makanan manis, mungkin ini adalah kabar buruk bagi anda. pasalnya, gula halus sangat buruk bagi kesehatan seseorang.

Saya saranin untuk mengonsumsi pemanis alami saja, karena menurut penelitian gula yang dimurnikan dapat membunuh kemampuan tubuh untuk melawan sel kuman.

Gula sendiri juga mencegah vitamin C masuk ke sel darah putih sehingga sistem kekebalan tubuh menurun.

Jarang  meminum air putih

Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan adalah jarang meminum air putih, Kebiasaan ini ternyata dapat merusak sistem kekebalan tubuh lho.

Jika tubuh kurang mendapatkan asupan air yang cukup, maka kekebalan tubuh akan menurun. Imbasnya aktivitas sehari-hari akan terasa berat dan cepat lelah.

Berilah tubuh asupan air yang harus anda penuhi minimal 8 hingga 10 gelas perhari.

Namun hal itu bukan sebagai acuan semua orang harus meminum air sebanyak itu, tergantung variasi dari kondisi geografis dan aktivitas setiap hari.

Itulah beberapa Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh. Mulai sekarang anda bisa melakukan aktivitas dan kegiatan yang bermanfaat yang dapat menambah sistem kekebalan tubuh anda.

Jangan lupa ya, untuk menghindari kegiatan-kegiatan diatas, karena sangat tidak bermanfaaat bagi tubuh.

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh"