Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Penyebab Pori-Pori Membesar

SerbaSehat95 - Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran seseorang adalah mengenai pori-pori kulit.

Pori-pori kulit dapat menjadi besar tanpa disadari oleh seseorang. Yang mana akan menjadi masalah jika pori-pori sudah kelihatan oleh mata telanjang.

Pori-pori besar bisa kita ibaratkan dengan titik-tikik yang ada pada buah stroberi. Di mana jika kelihatan di wajah dapat mempengarui kepercayaan diri dari seseorang.

Mungkin ada yang masih belum tau tentang apa itu pori-pori?. Saya akan mejelaskan sebentar mengenai pori-pori.

Pori-pori adalah jalan minyak untuk membuka folikel rambut ke permukaan kulit. Dalam hal ini pori-pori berfungsi bagi tumbuhnya rambut dan jalan keluar minyak yang ada pada kulit manusia.

Riset membuktikan bahwa wanita umur 20an tekstur kulit dan pori-porinya akan semakin memburuk. Puncaknya akan jauh lebih parah pada wanita usia 40-50 an.

Pori-pori yang membesar lebih dari folikel rambut, menjadikan tekstur kulit terlihat kurang bagus.

Kulit tubuh yang mempunyai pori-pori besar akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit seperti; sering munculnya minyak pada kulit, jerawat, komedo dan lain-lain.

Bagi anda yang mempunyai masalah tentang pori-pori besar. Perlu anda tahu penyebab masalah pori-pori menjadi besar.

Berikut merupakan penyebab pori-pori menjadi besar yang bisa anda buat acuan untuk menghindarinya.

Penyebab pori-pori besar


Kurang  menjaga kebersihkan wajah dengan baik

Kurang  menjaga kebersihkan wajah dengan baik

Hal yang paling sering dilakukan seseorang yang dapat membuat pori-pori membesar adalah tidak membersihkan wajah setelah menggunakan make up.

Kulit yang terkena riasan make up akan menyimpan kotoran debu yang tercampur dengan  make up dan akan menyumbat pori-pori kulit. Jika hal ini di lakukan secara berkala maka pori-pori akan semakin membesar.

Agar terhindari dari masalah ini, anda dapat melakukan dua kali pembersiham wajah yaitu pada waktu  pagi dan malam hari. Untuk melakukanya dengan benar anda bisa mengetahahuinya dengan cara membersihkan wajah dengan benar.

Cara membersihkanya cukup mudah. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan milk cleanser atau micellar water, setelah itu lanjutkan dengan facial wash sesuai dengan kebutuhan anda.

Dengan cara ini, kulit akan lebih bersih, aman dan kotoran dalam pori-pori juga akan mudah terangkat.

Sering mengkonsumsi makanan berminyak

Sering mengkonsumsi makanan berminyak

Anda penggemar masakan berminyak dan berlemak seperti susu, mentega atau gorengan. Perlu diketahui, Jenis makanan tersebut akan membuat wajah lebih mudah berminyak.

Minyak memang berguna untuk melembabkan wajah, namun tidak baik jika minyak diproduksi secara berlebihan.

Kandungan minyak pada wajah yang terlalu banyak, ditambah dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Selain itu, minyak juga tidak bisa keluar secara alami pada kulit seseorang. Akibatnya akan ada pembengkakan ukuran pori-pori.

Sering menggunakan make up tebal

Sering menggunakan make up tebal

Salah satu cara membuat muka menjadi cerah adalah menggunakan make up. Banyak wanita yang menggunkan make up untuk menutupi pori-pori mereka yang besar. Sehingga pori-pori di wajah tidak kelihatan orang lain.

Oke, mungkin bisa kita terima alasan tersebut. Namun tahukah anda bahwa penggunaan make up yang berlebihan akan membuat pori-pori semakin besar. Make up yang anda pakai akan menyumbat pori-pori yang memperparah kompleksi kulit

Anda perlu tahu, kandungan talc atau mica pada kosmetik akan terperangkap dan mengendap di dalam pori-pori kulit, sehingga semakin membuat pori-pori tampak membesar.

Sebagai saran, anda cukup gunakan make up tipis setiap hari, untuk menghindari pori-pori menjadi besar.

Namun, jika anda membutuhkan makeup tebal untuk acara tertentu, anda bisa gunakan primer sebelum foundation. Penggunaan primer nantinya akan membentuk lapisan tipis yang mencegah riasan langsung mengenai wajah. Jadi make up yang anda pakai tidak serta merta langsung terkena  pada wajah anda.

Sering melakukan facial

Sering melakukan facial

Sering meremajakan kulit memang bagus untuk kulit, seperti saat facial. Namun, hal ini kurang di anjurkan, jika terlalu sering di lakukan.

Selain itu, orang yang melakukan terapi sebaiknya hanya membersihkan bagian yang tersumbat, agar kulit tetap merata.

Apabila pori-pori yang tidak bermasalah tetap diekstrasi, hal ini bisa membuat pori-pori membesar permanen.

Luka pada pori-pori akibat pemencetan alat atau tangan dapat memperbesar dan memperdalam pori-pori kulit.

Terlalu sering memakai sabun wajah

Terlalu sering memakai sabun wajah

Membersihkan wajah menggunakan sabun memang sangat penting dilakukan. Sabun wajah dapat menghilangkan minyak yang berlebih pada kulit seseorang. Namun, jika hal itu terlalu sering dilakukan, kulit wajah anda akan menjadi kering.

Kulit yang kering, justru membuat pori-pori lebih rentan terlihat besar. Karena minyak alami pada kulit seseorang akan hilang. Anda bisa mengunakan buah pisang untuk melembabkan kulit.

Jarang mengeksfoliasi kulit wajah

Jarang mengeksfoliasi kulit wajah

Eksfoliasi kulit sedikit banyak penting untuk dilakukan, terutama bagi para wanita. Pori-pori kulit yang tersumbat, lambat laun ukurannya akan semakin membesar.

Jika kegiatan ini jarang dilakukan, maka tidak akan ada regenerasi pada kulit. Hal ini akan membuat kulit mati. Eksfoliasi kulit yang anda lakukan, nantinya akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit.

Kegiatan ini tak perlu dilakukan setiap hari, anda cukup melakukanya dua kali dalam seminggu.

Pilihlah eksfoliator yang mengandung BHA (beta hidroxy Acids) yang tidak hanya mengangkat sel-sel kulit mati, namun juga masuk ke dalam lapisan kulit untuk membersihkan pori-pori dari kotoran.

Jarang menggunakan pelembap

Jarang menggunakan pelembap

Pelembap wajah merupakan produk yang paling penting dalam memutihkan kulit. Jika anda kurang tahu bahan alami untuk memutihkan kulit, anda dapat melakukanya dengan cara alami memutihkan kulit wajah.

Meskipun wajah anda sering berminyak, pelembap diperlukan untuk membuat produksi minyak berkurang. Tentunya hal ini akan berdampak pada pengecilan pori-pori kulit.

Jarang menggunakan sunblock

Jarang menggunakan sunblock

Sinar matahari sangat berbahaya bagi kulit manusia, apalagi jika sudah lewat jam 9 sampai 10 pagi. Pada jam-jam itu sinar matahari mulai terik, dan jika terkena kulit anda lambat laun akan membuat kulit mati.

Banyak orang yang menyepelekan penggunaan sunblock, karena dirasa tidak berpengaruh pada kulit. Namun jika anda melewatkan penggunaan sunblock, hal itu sama saja dengan membuat kulit kalian dalam bahaya.

Sinar matahari dapat memperlemah kolagen. Kolagen sendiri mampu menjaga kekencangan pori-pori kulit.

Untuk itu, jika anda tidak ingin pori-pori membesar, gunakan sunblock setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pemakaian sunblock sebaiknya digunakan sekitar 15 hingga 30 menit sebelum beraktivitas.

Mencetin komedo tanpa ahli

Mencetin komedo tanpa ahli

Sering mencetin komedo di wajah?. Kalau ia, usahakan untuk berhenti sekarang. Sebab, memencet komedo keluar dari pori-pori tidak akan membuatnya mengecil atau menghilangkanya.

Cara tersebut akan membuat pori-pori semakin terlihat besar lantaran terisi lagi oleh bakteri atau kotoran. Akibatnya, wajah bisa saja terluka dan iritasi.

Komedo yang anda pencetin memang akan terlihat hilang. Namun Pori-pori yang ada di wajah bukannya mengecil, tapi akan mendapatkan bekas luka.

sebagai saran anda bisa menghilangkan komedo dengan cara yang saya bahsa di artikel sebelah.

Anda bisa menangkal pori-pori yang membesar dengan berbagai cara. Salah dengan mengetahui penyebabnya pori-pori membesar.

Kadang kita tidak mengetahui aktfitas yang menurut kita baik namun kurang baik untuk kulit kita, terutama pori-pori. Untuk itu jagalah kulit anda seperti anda menjaga tubuh anda.

Posting Komentar untuk "Faktor Penyebab Pori-Pori Membesar"